Ekonomi

Sebanyak 163 Peserta Ikuti Conseling Career For Job Seeker Dinkop UMTK Kota Kediri

Senin, 16 November 2020 - 16:41 | 33.07k
Kegiatan Conseling Career For Job Seeker yang digelar di Universitas Nusantara PGRI kota Kediri. (FOTO: Kominfo Kota Kediri)
Kegiatan Conseling Career For Job Seeker yang digelar di Universitas Nusantara PGRI kota Kediri. (FOTO: Kominfo Kota Kediri)

TIMESINDONESIA, KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Kediri (Dinkop UMTK Kota Kediri), dalam meningkatkan kapasitas para pencari kerja dengan mengadakan Conseling Career for Job Seeker.

Program Dinkop UMTK bekerjasama dengan LPK Short Way to Get Job dan Universitas Nusantara PGRI Kediri ini melatih 163 peserta, dibagi menjadi 8 kelas. Pembagian kelas ini agar pesertanya tetap jaga jarak dan menjalankan protokol kesehatan.

Kegiatan berlangsung dari tanggal  9 November 2020-14 November 2020. Materi berupa pengenalan potensi diri, meningkatkan motivasi kerja, strategi wawancara, dan lain-lain terkait dengan proses mencari kerja.

“Saya sudah sering ikut pelatihannya Pemkot dan sangat berguna. Salah satunya ikut konseling sekarang. Setelah 3 hari ikut, jadi merasa termotivasi. Saya juga bisa mengenali, oh ternyata potensi saya di bidang ini yang selama ini saya tidak sadari,” kata Mega Dewi (21), saat dikonfirmasi Senin (16/11/2020).

Dewi sudah bekerja di sebuah usaha fotografi sebagai editor. Ia merasa masih muda dan masih membutuhkan banyak tantangan. Setelah mengikuti bimbingan konseling, tadinya ia memang ingin bekerja kantoran. Kemudian ia menyadari, bahwa suatu saat ia pingin membuka usaha sendiri. Usaha yang memang ia sukai, di bidang fotografi atau hal-hal yang berhubungan dengan visual.

Menurutnya, pada saat konseling, selain mengikuti materi, ia juga aktif menjawab pertanyaan. Dari proses itu, tanpa sengaja, ia menjadi mengenali potensi dirinya sendiri.

Lain halnya dengan Dewi Hajar (23), lulusan S1 manajemen. Ia masih menganggur dan berniat untuk melamar pekerjaan di perusahaan.

“Setelah mengikuti konseling, saya jadi percaya diri kalau ada panggilan kerja, terutama saat wawancara. Biasanya pada saat wawancara ini, saya sering grogi jadi tidak bisa menjawab, padahal saya tahu apa jawabannya,” katanya.

Tak hanya konseling karir seperti kegiatan Conseling Career for Job Seeker. Dinkop juga sudah mengadakan pelatihan-pelatihan bekerjasama dengan LPK di Kota Kediri yaitu pelatihan barista, montir, dan sepeda ontel, make up, tata boga, menjahit, dan bordir. “Pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas warga Kota Kediri di bidang masing-masing. Juga untuk mencetak tenaga ahli yang kelak bisa menjadi trainer untuk melatih tenaga kerja baru,” kata Bagus Alit, Plt. Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES