Pemerintahan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil Launching WJIS 2020

Senin, 16 November 2020 - 16:36 | 49.70k
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka West Java Investment Summit (WIJS) 2020 dari Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Senin (16/11/20). (FOTO: Humas Jabar for TIMES Indonesia)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membuka West Java Investment Summit (WIJS) 2020 dari Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Senin (16/11/20). (FOTO: Humas Jabar for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANDUNG – Investasi merupakan mesin ampuh yang dapat mempercepat  pemulihan ekonomi Jawa Barat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

"Oleh karena itu, Jabar berkomitmen meningkatkan investasi dan mempertahankan predikat Jabar sebagai provisi terdepan dalam hal investasi."kata Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat membuka West Java Investment Summit (WIJS) 2020 di Hotel Savoy Homann Kota Bandung, Senin (16/11/20). 

WJIS 2020 dilaksanakan berbeda dari tahun sebelumnya. Pandemi Covid-19 membuat acara yang diikuti sebanyak 700 investor ini dilangsungkan melalui telekonferensi secara online. 

Konsep acara yang disuguhkan pun sangat futuristik, dengan mengusung tema “Invest in West Java for Better Future: Live, Work, and Play”. 

“Potensi beberapa wilayah di Jabar memiliki banyak alasan yang sangat kuat bagi para investor untuk menanamkan modal, meskipun saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19. Terlebih yang paling penting adalah infrastruktur berkualitas bisa hadir di Provinsi Jabar,” kata Gubernur Jabar saat menjadi keynote speaker WJIS 2020. 

BACA JUGA : Gubernur Jabar Minta Saran WHO Terkait Penyuntikan Vaksin Covid-19

Menurut gubernur, kekuatan lain yang dimiliki oleh Pemda Provinsi Jabar adalah kualitas sumber daya manusia. Rata-rata SDM masyarakat Jabar selalu memiliki kegigihan yang tinggi untuk berdaya saing dan sangat berkualitas di berbagai bidang. 

“Jabar merupakan wilayah yang paling kompetitif dan produktif di Indonesia, dan saya yakin bisa bersaing dengan negara tetangga, semacam Thailand serta Vietnam,” tandas Ridwan Kamil. 

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat Herawanto mengatakan WJIS 2020 merupakan momen tepat untuk menyiapkan fondasi kuat setelah pandemi Covid-19. “Ini saat yang tepat, maka dari itu semua pihak harus mendukung,” kata Herawanto. 

Menurut catatat BI, pertumbuhan ekonomi Jabar mengalami perbaikan dari asalnya triwulan II/2020 minun 11 persen kini di triwulan III minus 8,95 persen. “Kuncinya ada di pemerintah kabupaten/kota, bagaimana mereka menyediakan regulasi yang mempermudah proyek-proyek ini,” paparnya. 

Kemudahan berinvestasi yag di antaranya dilakukan melalui adaptasi kebiasaan baru, otomatis akan mendorong tingkat konsumsi rumah tangga. 

“Dengan realisasi (investasi) cepat, akan meningkatkan konsumsi rumah tanggga yang sebelumnya anjlok atau minus 5,92 persen, tapi setelah pelonggaran PSBB menjadi minus sekitar 2 persen,” kata Kepala BI Jawa Barat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES