Indonesia Positif

Korem 071 Wijayakusuma Gelar Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Banjarnegara

Senin, 16 November 2020 - 11:58 | 73.32k
Wasev Pasibinwanmil Korem 071/Wijayakusuma, Bayumas Jawa Tengah, Kapten Inf Safari lakukan pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2020 di Kodim 0704/Banjarnegara (FOTO : Pendim BNA for TIMES Indonesia)
Wasev Pasibinwanmil Korem 071/Wijayakusuma, Bayumas Jawa Tengah, Kapten Inf Safari lakukan pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2020 di Kodim 0704/Banjarnegara (FOTO : Pendim BNA for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Wasev Pasibinwanmil Korem 071/Wijayakusuma, Banyumas Jawa Tengah, Kapten Inf Safari melakukan kunjungan kerja ke Kodim 0704 Banjarnegara dalam rangka kegiatan Pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2020, Senin (16/11/2020)

Kegiatan yang di gelar di Tribun Jenderal Soedirman dibuka oleh Pasiter Kodim 0704/Banjarnegara Kapten Inf Sugiyono mewakili Komandan Kodim 0704/Banjarnegara Letkol Arh Sujeidi Faisal,S.T., M.Han dihadiri oleh seluruh Babinsa dan jajaran.

“Selamat datang di Kodim 0704/Banjarnegara,  inilah kondisi di Banjarnegara,  udaranya tidak terlalu panas karena daerah Banjarnegara  adalah daerah pegunungan," kata Pasiter Kapten Inf Sugiyono mengawali sambutannya.

Wasev Pasibinwanmil Korem 071 B

Namun demikian, semua harus lebih waspada terhadap bencana longsor mengingat  kejadian bencana alam tersebut sering terjadi khususnya wilayah pegunungan utara Banjarnegara

Kegiatan ini, lajut Pasiter Kodim 0704/Banjarnegara, merupakan program yang sudah dibuat oleh Komando Atas untuk pembinaan Peta Jarak Jaring Teritorial Triwulan IV TA 2020.

"Saya yakin seluruh anggota sudah memahami cara pembinaan jaring teritorial dan cara mendapatkan mitra karib. Karena program ini sudah berjalan diwilayah," imbuh Pasinter.

Wasev Pasibinwanmil Korem 071 C

Dijelaskan pula, manfaat jaring teritorial ini sangat besar bagi kita di wilayah. Kalau kita tidak mempunyai mitra karib, maka kita tidak mendapatkan informasi. Inilah  pentingnya mitra karib di wilayah.

Wasev Pasibinwanmil Korem 071/Wijayakusuma, Bayumas Jawa Tengah, Kapten Inf Safari menyampaikan bahwa tugas dan tanggung jawab keamanan wilayah tidak hanya berada di pundak kita sebagai TNI, tetapi setiap komponen masyarakat juga memiliki tanggung jawab guna menjaga situasi aman dan kondusif di wilayahnya.

Babinsa sebagai ujung tombak TNI, harus memiliki kepekaan dan selalu terhubung dengan jaringan tersebut  sehingga tercipta jaringan informasi masif/deteksi dini dan melakukan pencegahan,” ungkap Kapten Inf Safari Pasibinwanmil.

“Sesuai dengan satuan tugas (ST), Babinsa harus mempunyai 20 mitra karib. Dan sekarang ini, satu desa dibina 1 Babinsa tetapi ada juga yang 2 bahkan 3 Babinsa," jelas Kapten Inf Safari.

Ini adalah salah satu wujud sinergi TNI AD dengan masyarakat, dengan menjaga silaturahmi berupa kegiatan pembinaan peta jarak teritorial.

Tujuan dari kegiatan ini tidak lain, terwujudnya kerjasama yang harmonis, mempererat tali silaturahmi bersama masyarakat, terbentuknya sikap kesetiakawanan memberikan informasi secara continue segala perkembangan di wilayah.

"Dengan terdatanya kondisi sosial masyarakat yang akurat, menjadi acuan kita dalam mengambil keputusan bila terjadi gangguan atau konflik sosial di wilayah," tandas Kapten Inf Safari, Wasev Pasibinwanmil Korem 071/Wijayakusuma, Bayumas Jawa Tengah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES