Wisata

7 Wisata Alam dan Budaya di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara 

Senin, 16 November 2020 - 11:17 | 472.48k
Pulau Bair di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. (Foto: Dody Wiraseto dalam harnas.co)
Pulau Bair di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara. (Foto: Dody Wiraseto dalam harnas.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia bagian timur adalah mutiara wisata alam dan budaya di Indonesia. Kepulauan Kei salah satunya. Berada di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku, Kepulauan Kei menyajikan ragam pesona alam dan budaya yang memesona.

Beberapa wisata alam di Kepulauan Kei berikut ini wajib disimak sebagai referensi wisata Anda.

1. Pantai Ngurtafur

Pantai NgurtafurSumber: KSMTour.com

Pantai ini termasuk salah satu yang memesona di Kepulauan Kei. Berada di Pulau Woha, menuju ke Pantai Ngurtafur dapat ditempuh dengan perahu boat dari Pulau Kei Kecil.

Pantai Ngurtafur berbentuk panjang laksana ular. Itu yang membuatnya dijuluki Pantai Ular. Pasir putih dan air yang jernih menjari keindahan alam yang tidak akan terlupakan saat berkunjung ke Pantai Ngurtafur.

Berjalan kaki saat air surut atau naik perahu ketika air pasang adalah salah satu cara menikmati keindahan alam Pantau Ngurtafur.

2. Goa Hawang

Goa HawangSumber: Islander

Wisata goa tentu menarik dan menantang. Di Kepulauan Kei ada Goa Hawang yang berada di berada di Desa Letvuan, Pulau Kei Kecil. Jarak Goa Hawang dari ibukota Maluku Tenggara, Kota Tual, sekitar 20 kilometer.

Hal menarik dari Goa Hawang adalah kolam air yang sangat jernih, berpadu dengan pesona stalagtit dan stalagmit. Diving adalah satau cara menikmati keindahan goa.

3. Desa Adat Tanimbar Kei

Desa Adat Tanimbar Kei Sumber: sdwisputra - blogger

Desa Tanimbar Kei merupakan salah satu desa adat yang patut menjadi daftar kunjungan wisata. Desa ini masih memegang teguh bentuk bangunan, seni, adat istiadat dan kepercayaan leluhurnya. 

Menuju Desa Tanimbar Kei, dapat ditempuh dengan perjalanan laut selama 5 jam dari Pelabuhan Debut. Desa Tanimbar Kei terbagi menjadi dua, yaitu Kampung Atas dan Kampung Bawah. 

Saat berada di sini, Anda bisa menemukan rumah adat asli Kei yang menyimpan benda-benda seperti patung adat, perhiasan emas, bejana, dan tembikar. 

Bagi penikmat wisata budaya, Desa Adat Tanimbar Kei menjadi tempat yang tepat. Setiap tahunnya, warga lokal mengadakan upacara khusus yang diberi nama Tate’e.

4. Pulau Bair

Pulau BairSumber: LINE Today

Pulau Bair atau Pulau Baer merupakan wisata unggulan. Berjarak kurang lebih 1 jam perjalanan ke arah utara dari pelabuhan Dullah di Kei Kecil.

Hamparan Pulau Bair memanjakan mata dengan laguna yang jernih. Aktivitas piknik, berenang, dan snorkeling bisa dilakukan di sini. Mengutip kompas.com, pulau ini digadang-gadang mirip Piaynemo di Raja Ampat. 

Selain menjelajah pulau, Anda bisa menikmati celah tebing karang yang sangat eksotik. Tempat ini sangat cocok untuk berenang dan menyelam.

5. Pantai Ngurbloat

Pantai NgurbloatSumber: You Only Travel Once - blogger

Pantai Ngurbloat berada di utara Pulau Kei Kecil. Panjang garis pantainya lebih dari 2 kilometer. Kelebihan pantai yang dijuluki pasir panjang ini adalah pasirnya yang sangat lembut, selain keindahan alamnya.  Tidak salah, mengutip dari triptus.com, Pantai Ngurbloat dinobatkan sebagai pantai dengan pasir paling halus di dunia oleh majalah National Geographic.

6. Bukit Masbait

Bukit MasbaitSumber: Wisato

Bukit tertinggi di kawasan Pulau Kei Kecil ini berada di wilayah Desa Kelanit. Ketinggiannya sekitar 300 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

Menikmati pemandangan alam dari Bukit Musbait sangat dianjurkan dilakukan saat matahari terbit dan terbenam. Salah satu daya tarik di Bukit Masbait adalah Patung Kristus Raja yang bisa berputar. Selain jadi tempat wisata, Bukit Masbait dimanfaatkan menjadi tempat ziarah umat Katolik. 

Dulu, menurut penuturan pejabat Dinas Pariwisata Maluku Tenggara, dilansir dari detik.com, bukit yang sudah ada sejak 1980-an ini biasa menjadi tempat pertapaan atau bukit doa bagi semua umat.

7. Pulau Adranan

Pulau AdrananSumber: Pinterest

Pulau ini berada di utara Pulau Kei Kecil, di selatan Pulau Bair. Menuju ke Pulau Adranan, dapat ditempuh dengan speedboat sekitar 15 menit dari Pulau Bair.

Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini menyajikan pemandangan alam menakjubkan dengan pasir putih dan air laut jernih biru toska. Tempat yang dijuluki dengan Pulau Burung ini begitu tenang dan nyaman untuk berwisata, terutama bagi yang suka berfoto maupun snorkeling.

Masih banyak keindahan wisata alam dan budaya di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara yang bisa Anda nikmati saat berkunjung di sini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ferry Agusta Satrio
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES