Kesehatan

Dinilai Kuno, Ternyata Air Tajin Punya Segudang Manfaat untuk Bayi

Senin, 16 November 2020 - 11:10 | 80.40k
Air Tajin. (FOTO: tribunnews)
Air Tajin. (FOTO: tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Orang tua zaman dahulu kerap memberikan air tajin pada buah hati mereka. Hal tu dilakukan untuk mencukupi gizi anak-anak. Mahalnya susu zaman dahulu, membuat orang tua memberikan air tajin pada anaknya. 

Terdengar kuno memang, namun setelah diteliti lebih lanjut air tajin punya segudang manfaat untuk bayi dan balita. 

Air tajin merupakan air rebusan beras. Air ini mengandung karbohidrat, asam amino, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin E, mineral (natrium dan kalium), hingga zat antioksidan.

Karena terbuat dari rebusan air beras yang mengandung karbohidrat, air tajin menjadi sumber energi bagi bayi dan anak. Pada prosess perkembangannya bayi membutuhkan asupan energi.

Air tajin juga dapat mengatasi gastroenteretis atau flu perut pada anak. Ilmuwan Inggris mengemukakan bahwa minum air tajin dapat mengurangi intensitas buang air besar pada bayi dengan diare.

Meski demikian, air rebusan beras sebaiknya tidak digunakan sebagai satu-satunya solusi dalam memenuhi kebutuhan asupan cairan pada tubuh bayi saat mengalami diare. Anda dapat memberikan air tajin bersamaan dengan pemberian makanan padat lainnya.

Air tajin yang mengandung antioksidan dan vitamin E dapat menjaga kelembapan kulit bayi. Tak hanya itu air tajin juga dipercaya dapat merawat eksim dan dermatitis pada bayi. Penelitian menyebutkan, minyak dari beras mengandung asam ferulik, gamma-oryzanol dan asam fitat yang kerap ditambahkan pada produk kosmetik. Nah kandungan tersebut juga terdapat pada air tajin. Meski demikian ada baiknya Anda berkonsultasi dahulu pada dokter kulit. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES