Otomotif

Bukan Marc Marquez dan Valentino Rossi, Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

Minggu, 15 November 2020 - 22:41 | 81.88k
Pebalap MotoGP Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020. (Foto: Jose Jordan/AFP)
Pebalap MotoGP Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020. (Foto: Jose Jordan/AFP)

TIMESINDONESIA, JAKARTAJoan Mir memastikan diri jadi juara dunia MotoGP 2020, setelah menyelesaikan race di posisi ketujuh MotoGP Valencia 2020. Pada race yang berlangsung Minggu (15/11/2020), Franco Morbidelli berhasil memenangi  balapan yang digelar di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.

Franco Morbidelli melakukan start dengan baik dan langsung melesat ke depan. Pol Espargaro dan Jack Miller mengikuti dari setelah start dimulai. Fabio Quartararo tampak sedikit melebar di Turn 2 dan langsung tercecer ke belakang. Tampak pula Joan Mir ada di posisi ke-11 selepas start.

Pada akhir lap pertama MotoGP Valencia 2020 ada Franco Morbidelli memimpin, dengan dikuti Jack Miller, dan Pol Espargaro yang secara berturut-turut menempati posisi satu sampai tiga.

Joan Mir a

Joan Mir yang masih tertinggal jauh mulai menempati posisi ke-10 di lap kelima. Situasi dalam race sampai titik ini masih tetap akan bikin Mir jadi juara dunia.

Di lap keenam, Johann Zarco jatuh, ia terlihat meluncur ke gravel pada Turn 1. Berkat hal itu, Joan Mir naik ke posisi sembilan dalam balapan. Kemudian,  Fabio Quartararo juga terjatuh karena crash di Turn 6 putaran kesembilan. Kans Fabio Quartararo juara dunia sirna, sementara Joan Mir pun makin dekat ke takhta juara dunia.

Memasuki lap ke-15, Franco Morbidelli, Jack Miller, dan Pol Espargaro masih ada di depan. Sedangkan Joan Mir melaju secara stabil di posisi ke-8 yang mana sudah cukup buatnya untuk memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020.

Sampai dengan 10 lap terakhir, Jack Miller terus mengintai Franco Morbidelli yang masih memimpin balapan. Mereka berjarak tidak sampai 1 detik. Di posisi kedelapan, masih ada Joan Mir yang terus melaju ke takhta juara dunia.

Memasuki lima lap terakhir, Jack Miller sudah terpaut di kisaran 0,3 detik saja dari Franco Morbidelli. Meski, tak berada di urutan terdepan, Joan Mir tetap di jalur jadi kampiun MotoGP 2020. Ia masih berada di posisi ketujuh race ini.

Pada lap terakhir, Franco Morbidelli dan Jack Miller saling salip di putaran terakhir MotoGP Valencia. Namun, Franco Morbidelli menyudahi perlawanan Jack Miller dengan finis terlebih dahulu. Jack Miller finis kedua, Pol Espargaro finis ketiga. Sementara Joan Mir juara dunia MotoGP 2020 berkat finis ketujuh.

Hasil MotoGP Valencia 2020:

1 Franco Morbidelli ITA Petronas Yamaha (YZR-M1)

2 Jack Miller AUS Pramac Ducati (GP20)

3 Pol Espargaro SPA Red Bull KTM Factory (RC16)

4 Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

5 Brad Binder RSA Red Bull KTM Factory (RC16)

6 Miguel Oliveira POR Red Bull KTM Tech3 (RC16)

7 Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR)

8 Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (GP20)

9 Aleix Espargaro ITA Aprilia Gresini (RS-GP)

10 Maverick Viñales SPA Monster Yamaha (YZR-M1)

11 Francesco Bagnaia ITA Pramac Ducati (GP20)

12 Valentino Rossi ITA Monster Yamaha (YZR-M1)

13 Cal Crutchlow GBR LCR Honda (RC213V)

14 Stefan Bradl GER Repsol Honda (RC213V)

15 Danilo Petrucci ITA Ducati Team (GP20). (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES