Wisata

9 Destinasi Wisata Kota Pariaman Sumatera Barat Ini Bakal Bikin Anda Lupa Pulang

Senin, 16 November 2020 - 01:29 | 231.63k
Suasana destinasi wisata Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)
Suasana destinasi wisata Pulau Angso Duo, Kota Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: Disparbud Kota Pariaman for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PARIAMAN – Jangan bilang sebagai penjelajah Nusantara jika belum mengunjungi 9 destinasi wisata Kota Pariaman, Sumatera Barat. Karena anda bukan hanya disuguhi keunikan tradisi atau pun pesona alam yang perawan.

Sepasang mata wisatawan akan diajak menatap keindahan bak surga. Dan seluruh keelokan dipastikan bakal membuat anda lupa untuk harus pulang.

Berikut ini adalah 9 destinasi wisata unggulan di Kota Pariaman, Sumatera Barat :

1. Pantai Gandoriah

Sudah sangat terkenal sejak dahulu kala. Pantai Gandoriah merupakan primadona di Kota Senja, Kota Pariaman. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung tapi tidak singgah ke pantai yang bersih dan instagramable ini.

Lokasinya tepat berada di jantung Kota Pariaman. Tak jauh dari lokasi, wisatawan bisa menemukan Stasiun Kereta Api Pariaman yang merupakan salah satu bangunan cagar budaya. Di bagian utara kamu bisa berswafoto di Tugu TNI AL dan di bagian selatan kamu bisa menikmati indahnya pantai di atas dermaga.

2. Pantai Kata

Nama Pantai Kata adalah kependekan kata Karan Aur (Ka) dan Taluak (Ta). Disebut demikian karena lokasinya memang terletak di perbatasan Kelurahan Karan Aur, Kecamatan Pariaman Tengah dan Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan.

Pantai Kata memiliki anjungan yang memungkinkan wisatawan bisa lebih dekat dengan alam ketika menyaksikan indahnya sunset Pariaman. Ditambah dengan batu pelangi yang akan membuat liburan kamu semakin berwarna. Pantai Kata sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang pariwisata. Dan sebuah panggung kesenian akan diresmikan tahun 2021 mendatang.

3. Pantai Cermin

Pantai Cermin berada di tengah Pantai Gandoriah dan Pantai Kata. Disini terdapat sirkuit sepatu roda yang sudah berstandar internasional. Sangat cocok untuk wisata anak karena dilengkapi wahana bermain anak. Kamu juga bisa mengunjungi Rumah Tabuik Pasa yang hanya berjarak beberapa meter dari sini.

4. Pantai Apar

Terletak di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara, Pantai Apar merupakan salah satu spot sunset terbaik di Kota Pariaman. Disini kamu bisa menikmati beberapa objek wisata sekaligus. Yaitu Penangkaran satwa langka Penyu dan mangrove track. Berjarak sekitar 50 meter dari Pantai Apar, kamu bisa menyaksikan atraksi beruk memetik buah kelapa di Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB).

5. Pulau Angso Duo

Sekeping surga di tanah Pariaman. Ya, begitulan Pulau Angso Duo biasa disebut. Untuk menuju lokasi, wisatawan hanya membutuhkan waktu 15 menit dari Pantai Gandoriah. Dengan kata lain, berwisata ke Pulau Angso Dua, anda bisa sekaligus menikmati sensasi naik perahu sambil melihat hamparan laut membentang.

wisata Pulau Angso Duo b

Pulau berpasir putih ini selalu membuat wisatawan ingin kembali datang. Tidak hanya sebagai wisata bahari, Pulau Ansgo Duo juga merupakan wisata sejarah dan wisata religi. Karena pulau kecil yang cantik ini terdapat kuburan panjang Syekh Katik Sangko, kerabat dekat Syeh Burhanudin, seorang ulama penyebar agama Islam di Minangkabau.

Pemandangan bawah laut hingga keindahan alam, Pulau Angso Duo adalah rajanya.

6. Pulau Kasiak

Pulau Kasiak terletak di sebelah utara Kota Pariaman, Sumatera Barat. Terbilang masih asri dan alami. Selain memiliki pasir putih lembut yang bersih, disini pengunjung bisa mendapati mercusuar yang berfungsi sebagai penanda kapal besar yang sudah ditentukan jalur lintasannya.

Untuk pecinta snorkeling, Pulau Kasiak adalah pilihan yang sangat tepat. Karena terumbu karangnya sangat terawat dan pemandangan bawah lautnya sangat indah.

7. Talao Pauh

Talao Pauh seakan sebuah paket wisata lengkap. Untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga, Talao Pauh solusinya. Menikmati suasana pantai yang menenangkan sambil mengajak anak-anak memberi makan ikan dan bermain sepeda air bebek. Untuk kamu yang hobi foto, Talao Pauh adalah satu objek wisata instagramable milik Pariaman.

8. Tungkal Selatan

Terletak di Kecamatan Pariaman Utara, Desa Wisata Tungkal Selatan menawarkan wahana yang cukup memacu adrenalin. Disini wisatawan bisa mencoba sepeda gantung sambil menikmati indahnya pemandangan. Bisa juga Outbond dan menikmati keindahan alam dari ketinggian dengan naik balon udara.

9. Kampung Kandang

Kampung Kandang mengusung konsep agrowisata yang memanfaatkan lahan pertanian untuk menarik wisatawan. Terletak di Desa Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Timur. Disini kamu akan menemukan jembatan pelangi dan rumah pohon. Tentunya sambil menikmati indahnya pemandangan persawahan yang dimiliki Kampung Kandang.

wisata Pulau Angso Duo a

Bagaimana?. Yuk ajak teman, saudara, keluarga atau orang tersayang untuk mengunjungi wisata Kota Pariaman, Sumatera Barat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES