Peristiwa Daerah

Berlatih Silat dan Minum Jamu, Cara Pemuda Ini Cegah Covid-19

Minggu, 15 November 2020 - 12:59 | 107.64k
Siswa pencak silat di Desa Milangasri, Panekan, Magetan saat minum jamu usai berlatih. (Foto: Suroso for TIMES Indonesia)
Siswa pencak silat di Desa Milangasri, Panekan, Magetan saat minum jamu usai berlatih. (Foto: Suroso for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Banyak cara dapat dilakukan agar terhindar dari penularan virus corona atau Covid-19. Salah satu caranya dengan menerapkan pola hidup sehat. Seperti yang dilakukan Anton Suroso, warga Desa Milangasri, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Ia mempercayai bahwa rajin berolahraga serta minum jamu tradisional dapat menangkal virus Covid-19 yang kini tengah merebak.

"Olahraga dan minum jamu mampu meningkatkan imunitas tubuh, sehingga menyehatkan badan yang otomatis tidak mudah terserang virus corona atau Covid-19," ujarnya, Minggu (15/11/2020).

Anton yang mengaku sebagai seorang pelatih pencak silat Setia Hati, menerapkan cara tersebut kepada siswa didiknya. Jadi, selain diajak melakukan olah fisik juga mengharuskan minum jamu saat waktu istirahat.

"Dengan displin berlatih silat dan juga minum jamu, seluruh anggota dan siswa-siswi tidak akan mudah terserang virus seperti Covid-19," tutur mantan ketua RT di wilayah Desa Milangasri.

Dalam seminggu, pria berperawakan gembul ini pun turut ambil bagian dalam menggembleng para pemuda-pemudi di daerahnya. Mulai pelajaran gerak silat, sopan santun, hingga tips cara menjaga kesehatan.

"Kita latihan silat seminggu tiga kali, durasi satu pertemuan sekitar 5 jam," ungkapnya.

Menurut pemuda yang kini sudah menginjak usia sekitar 36 tahun itu, pengalaman dan wawasan tentang cara-cara untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19 sedikit banyak didapat ketika sedang berburu berita di berbagai wilayah di Magetan.

"Banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapat saat bertugas, apalagi di masa pandemi Covid-19 ini. Tapi, dalam perguruan yang saya ikuti juga ada tradisi yang unik yaitu minum jamu pahitan dari perasan daun pepaya. Alhamdulillah semuanya sehat," ucap pelatih silat yang berprofesi sebagai wartawan di Magetan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES