Gaya Hidup

6 Buah Nusantara yang Dianggap 'Aneh' Oleh Warga Asing

Minggu, 15 November 2020 - 12:41 | 105.93k
Buah Salak. (foto: MaxPixel's contributors)
Buah Salak. (foto: MaxPixel's contributors)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Indonesia terkenal dengan tanahnya yang subur dan hasil bumi yang melimpah. Tak heran jika banyak tanaman dan buah yang tumbuh subur di tanah Nusantara.

Buah khas Indonesia ini tak dapat dijumpai di negara lain, terutama di dataran Eropa, sehingga warga asing menganggap buah ini aneh. Buah apa sajakah itu?

1. Salak

Dalam Bahasa Inggris, buah ini disebut snake fruit. It karena orang bule melihat kulit salak mirip seperti sisik ular. Buah ini tumbuh di Indonesia juga Malaysia. 

Bagi orang asing, menilai buah ini mirip dengan apel. Mungkin karena tekstur salak dan apel yang sama-sama renyah. 

2. Manggis

Banyak yang menyebut manggis adalah ratunya buah-buahan. Buah ini memiliki rasa asam dan manis yang pas. Belum lagi kandungan dalam manggis yang dapat membuat badan sehat. Tak hanya buahnya, namun kulit manggispun baik untuk kesehatan. Tak heran, banyak orang Indonesia yang suka dengan buah ini.

Tapi bagi orang di luar Indonesia, manggis masih menjadi buah yang asing karena kulitnya empuk dan tebal.

3. Durian

Jika ratu buah adalah manggis, nah raja buahnya adalah durian. Buah dengan bau yang tajam ini menjadi favorit banyak orang. Namun bagi orang asing buah durian adalah buah yang aneh. Bau durian dinilai sangat mengaggu. Belum lagi rasa durian yang tak jarang menagndung alkohol alami. Teksturnya yang lembek juga dianggap aneh. 

4. Asam Jawa

Panas-panas siapa yang nolak es gulas atau gula asam? Hmmm segar tentunya yaa. Eits tapi bagi orang asing, asam jawa atau tamarind ini merupakan buah yang aneh. Namun meski dianggap aneh, buah asam jawa juga menjadi komoditi ekspor loh!

5. Nangka

Di Indonesia buah ini dapat dimanfaatkan sejak masih muda. Yup, nangka muda di sayur, nagka tua dapat dimakann langsung, igoreng, maupun sebagai campuran es. Tapi orang asing menganggap buah dengan aroma wangi yang khas ini adalah buah yang aneh. Hmm.. mugkin karena nangka bergetah itu kali yaa, he..he..

6. Rambutan

Tak hanya di Indonesia, pohon rambutan tersebar di sekitar Asia Tenggara. Karena hanya ada di Asia Tenggara dengan bentuk buah berambut itu, orang Eropa menganggap aneh rambutan. Awalnya merekat taktahu jika rambutan adalah buah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES