Gaya Hidup

Perlukah Mencuci Telur Sebelum Diolah?

Minggu, 15 November 2020 - 11:56 | 76.04k
mencuci telur. (foto: liputan6)
mencuci telur. (foto: liputan6)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jika kita membeli telur dengan kemasan khusus di supermarket, biasanya telur sudah dalam keadaan bersih. Namun jika kita membeli telur di pasar, atau peternaknya lanngsung, telur terlihat kotor, bahkan masih ada kotoran ayam yang menempel. Lantas perlukah kita mencuci telur sebelum diolah? 

Menurut pakar kesehatan holistik Amy Leigh Mercree, Anda tak perlu mencuci telur. Sebab akan ada kemungkinan bakteri masuk ke dalam telur. "Jika Anda mencuci telur sebelum memasaknya, karena cangkangnya yang keropos, air bisa mendorong bakteri ke dalam telur," ucapnya seperti dikutip dari Liputan6.

Mercree mengatakan, secara alami memang ada potensi bakteri terbentuk di permukaan telur. Namun, mencucinya hanya membuatnya lebih buruk.

"Karena cangkangnya yang keropos, Anda hanya mengembalikannya dari permukaan telur," tambahnya. Ini jelas menimbulkan risiko pencemaran yang lebih besar dari telur yang akan dikonsumsi.

Namun jika Anda memang benar-benar ingin mencuci telur-telur dari peternak atau pasar tradisional karena mmang sangat kotor, pastikan untuk menggunakan air hangat dan tak menggunakan sabun. Tapi, jika Anda membeli telur di supermarket atau dalam kemasan, sebaiknya tidak mencucinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES