Kesehatan 3M Lawan Covid

Hindari Jenis Minuman ini Karena dapat Bisa Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Sabtu, 14 November 2020 - 12:12 | 42.41k
Ilustrasi minum soda.
Ilustrasi minum soda.

TIMESINDONESIA, JAKARTADaya tahan tubuh yang baik dapat menjaga tubuh dari serangan virus maupun bakteri. Terlebih dimasa pandemi seperti saat ini, sangat disarankan untuk menjaga daya tahan tubuh dengan makan makan sehat bergizi seimbang dan berolahraga. 

Namun ternyata tak banyak yang tahu, 2 jenis minuman ini justru dapat menurunkan daya tahan tubuh. Apa sajakah itu?

1. Soda

Minuman bersoda banyak mengandung bahan baku imitasi atau buatan, termasuk pemanis dan pewarna. Berdasarkan hasil penelitian yang dikutip dari hyperbiotics tidak ada satu pun di antara bahan-bahan buatan ini yang bisa membantu menjaga fungsi daya tahan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa bahan-bahan itu justru bisa mengurangi kemampuan bakteri baik pada usus dan memberikan efek buruk terhadap metabolisme glukosa. Hal itu justru menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh untuk merespons potensi ancaman penyakit dari luar.

2. Minuman tinggi gula

Minuman kekinian tengah booming yaa. Siapa yang bisa menolak manisnya minuman kekinian seperti Thai Tea, Bubble Tea, Es Kopi Susu, atau semacamnya. Nah mulai sekarang mulai dibatasia. 

Sebab dalam minuman kekinian mengandung banyak sekali gula. Hal ini juga berlaku pada minuman kemasan. Diketahui konsumsi makanan maupun minuman dengan kandungan gula yang tinggi dapat menekan sel kekebalan tubuh. 

Dikutip dari Web MD, sebuah penelitian menunjukkan, makan atau minum 8 sendok makan gula atau setara dengan satu minuman bersoda bisa menurunkan kemampuan sel darah putih untuk membunuh kuman. 

Nah agar daya tahan tubuh Anda tetap oke selama pandemi sebaiknya tidak mengonsumsi dua jenis minuman tersebut ya. Dan jangan lupa makan makanan sehat, berolahraga, dan ingat pesan ibu dengan mematuhi protokol kesehatan, mencuci tangan, menjaga jarak, dan selalu pakai masker. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama-sama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengkampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES