Politik

Perusahaan Dalam Negeri Luncurkan Produk Perawatan Kendaraan Ramah Lingkungan

Minggu, 15 November 2020 - 10:19 | 89.09k
Foto : (ki-ka) Direktur Operasional PT DABN Esti Nalurani, Dirut Bambang Haryono, Komisaris Donny Kurniawan, Bagian Keuangan Shinta Nastiti saat peluncuran Jumbo Auto Care di Mercure Grand Mirama, Surabaya, Sabtu (14/11/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indo
Foto : (ki-ka) Direktur Operasional PT DABN Esti Nalurani, Dirut Bambang Haryono, Komisaris Donny Kurniawan, Bagian Keuangan Shinta Nastiti saat peluncuran Jumbo Auto Care di Mercure Grand Mirama, Surabaya, Sabtu (14/11/2020). (Foto: Lely Yuana/TIMES Indo

TIMESINDONESIA, SURABAYA – PT Delta Anugrah Biokimia Nusantara (DABN) resmi meluncurkan produk perawatan kendaraan ramah lingkungan dalam acara Grand Launching Jumbo Autocare di Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, Sabtu (14/11/20) petang.

Latar belakang peluncuran produk tersebut adalah upaya para ahli memecahkan problem limbah industri. Mengingat saat ini limbah produksi masih merupakan permasalah serius. 

Menurut Direktur Utama PT DABN Bambang Haryono, produk Jumbo Auto Care 95 persen berbahan dasar air (water base). Sebagian besar juga dari bahan organik yaitu CPO atau palm oil (kelapa sawit). 

Produk Perawatan Kendaraan Ramah Lingkungan b

Proses produksi melalui berbagai tahapan dan riset yang cukup lama. Sehingga sangat bermanfaat untuk kebutuhan retail dengan mutu tinggi namun harga terjangkau. 

"Waktu kita memproses produk ini juga tidak ada limbah. Water base ini sangat ramah lingkungan. Ini unggulan kami," ujar Bambang. 

Direktur Operasional PT DABN, Esti Nalurani mengatakan pasar produksi biokimia di Indonesia saat ini masih dominan dikuasai berbagai produk dari luar negeri. 

"Berkaca dari kondisi itu, maka kami hadir dengan menjawabnya lewat Jumbo Autocare," ujar Esti didampingi Komisaris Donny Kurniawan dan Bagian Keuangan Shinta Nastiti. 

Total ada 5 produk berlabel Jumbo Autocare yang ditawarkan. Yaitu Jumbo Polish Liquid (pengkilap permukaan), Jumbo Heavy Duty Degreaser (pembersih kotoran dan kerak), Jumbo Water Spot Remover (pembersih jamur kaca mobil), Jumbo Rust Remover (pemusnah karat permukaan mesin motor) dan Jumbo Auto Wash (formula Shampoo mobil dan motor). 

Mengenai target penjualan, Esti mengatakan untuk agen kota pihaknya menargetkan 10 ribu botol, sedangkan agen wilayah 1000 botol dan reseller hanya 10 botol. Distribusi produk sudah menyasar Area Malang, Gresik, Surabaya, Medan, Palu dan Makassar. 

Esti mengaku optimistis kehadiran Jumbo Autocare mampu meraih pangsa pasar domestik.

"Kami optimis mampu meraih pasar di seluruh Indonesia meski baru berdiri, karena produk yang kami tawarkan ini punya harga yang lebih murah jika dibandingkan produk dari perusahaan asing yang saat ini tengah menguasai pasar," terangnya. 

Selain itu, pemanfaatan tenaga ahli produksi dan tenaga pemasar dari dalam negeri turut membantu pemulihan ekonomi di tengah pandemi. 

Tidak hanya itu saja. PT DABN membuka peluang dan membina siswa SMK untuk menjadi reseller dengan harga diskon. 

"Harga basic kita kunci, agen distributor yang mecahkan harga kita langsung cut. Jadi kita lindungi konsumen juga para reseller baru," tambahnya.

Berawal dari Bisnis Keluarga

PT DABN sendiri merupakan sebuah perusahaan keluarga dengan pabrik di Karang Pilang Surabaya. 

Esti mengungkapkan, jaringan family business ini sudah berdiri sejak tahun 2000 melalui PT Delta Arta Bahari Nusantara yang kemudian bergeser nama menjadi PT Delta Anugerah Bahari Nusantara.

Perusahaan tersebut bergerak di bidang underwater services yaitu penanaman kabel optik dalam laut. 

Namun siapa sangka jika pandemi justru membuahkan inovasi bagi perusahaan. 

PT Delta Arta Bahari Nusantara menemukan inovasi dari alam yang bisa dikelola melalui sentuhan para tenaga ahli dalam negeri dari ITB, IPB dan ITS menggandeng BUMN. Inovasi itu mendapatkan apresiasi. 

"Nah, justru dari gayung bersambut itulah saya bilang kepada jajaran keluarga saya kenapa hanya meladeni BUMN saja. Kenapa kita tidak membuat produk yang bisa dinikmati oleh banyak orang dan itu retail," ungkapnya. 

Hanya dalam tempo dua bulan, Jumbo Auto Care melalui PT PT Delta Anugrah Biokimia Nusantara hadir dan siap melengkapi kebutuhan perawatan kendaraan. 

"Jumbo Auto Care adalah produk cairan pembersih bagi kendaraan. Produk kita non alkohol dan water base," ujar Esti. 

Peluang tersebut diambil bukan tanpa alasan. Belum banyak industri yang melirik sektor ini. Apalagi kompetitor dari luar negeri menawarkan produk perawatan kendaraan ramah lingkungan serupa dengan harga 4-5 kali lipat lebih mahal. "Produk kita tidak kalah bagus dengan produk dari luar negeri. SDM kami seluruhnya adalah anak-anak Indonesia semua," jelasnya seraya berharap penyebaran produk segera terealisasi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES