Wisata

Spot Sunset Terbaik di Banyuwangi Sudah Buka, Begini Keindahannya

Minggu, 15 November 2020 - 08:11 | 161.71k
Warga menikmati sunset (matahari tenggelam) di pantai Pulau Merah Banyuwangi. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Warga menikmati sunset (matahari tenggelam) di pantai Pulau Merah Banyuwangi. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sesaat lagi matahari di Pulau Merah akan tenggelam. Spot sunset terbaik di Banyuwangi itu seolah menjadi kanvas bagi Sang Maha Kuasa yang sedang menyemburatkan warna jingga.

Perlahan tapi pasti warna jingga menjelma kemerahan, hingga kemudian langit berubah menjadi gelap ditinggal matahari.

Warga menikmati sunset b

Setelah sekian lama pandemi Covid-19 meminta agar masyarakat di rumah saja, kesempurnaan momen sunset di atas dapat kembali dinikmati di era Normal Baru. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur mengajak masyarakat untuk kembali berwisata, wisata sehat namanya.

Salah satu destinasi wisata yang menjadi rekomendasi adalah Pulau Merah. Dahulu, kawasan ini memiliki nama Pantai Wringin Pitu. Namun nama tersebut kemudian berubah karena keunikan yang terdapat di depan bibir pantai.

Warga menikmati sunset c

Ada sebuah bukit yang memiliki tanah berwarna merah, dimana tanah tersebut merupakan hasil aktivitas gunung berapi di masa lampau. Tanah di bukit itulah yang menjadi asal usul julukan Pulau Merah.

Tentu saja kawasan pesisir ini menawarkan objek fotografi yang sangat indah. Surfing atau berselancar bagi pemula juga direkomendasikan di pantai Pulau Merah. Ombaknya hanya berkisar 3-5 meter. Jangan khawatir, keselamatan pengunjung akan terus diawasi melalui pos pemantau.

Sempat ditutup selama empat bulan akibat pandemi Covid 19, kini jumlah pengunjung mulai naik sejak diterapkannya protokol kesehatan.

Humas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Pulau Merah Yogi Turnando menyampaikan pada September lalu pengunjung belum terlalu banyak. Namun saat memasuki bulan Oktober, wisatawan mulai meningkat.

"Contohnya waktu libur panjang cuti bersama akhir bulan kemarin, jumlah pengunjung mencapai 2.000 per hari. Itu diatur bergantian masuknya," ungkap Yogi kepada TIMES Indonesia.

Menurutnya penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, dan pembatasan jumlah pengunjung membuat masyarakat nyaman untuk berwisata sehat di Pantai Pulau Merah yang merupakan spot sunset terbaik di Banyuwangi.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES