Gaya Hidup

Puteri Indonesia 2020 Akan Bawa Batik Jawa Timur ke Miss Universe

Sabtu, 14 November 2020 - 23:59 | 161.57k
Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 berpose dalam acara East Java Fashion Harmony. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)
Ayu Maulida, Puteri Indonesia 2020 berpose dalam acara East Java Fashion Harmony. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Raden Roro Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia 2020 berjanji bakal membawa batik asli Jawa Timur dalam ajang Miss Universe tahun ini. Pernyataan tersebut ia ungkapkan pada gelaran East Java Fashion Harmony 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

"Sebelumnya, saya ucapkan rasa bangga dan senang karena telah menjadi bagian dari acara East Java Fashion Harmony. Kegiatan ini tentunya mampu bangkitkan ekonomi kreatif di Jawa Timur, sebab kita sudah cukup lama dalam pandemi Covid-19 yang membatasi ruang gerak dalam berekspresi dan berkarya," ungkap Maulida, Sabtu (14/11/2020).

Ayu Maulida, b

Agenda East Java Fashion Harmony kali ini berlangsung sangat berbeda, tahun sebelumnya acara digelar dalam ruangan.

Tapi tahun ini dengan latar tempat tepi pantai, tamu undangan justru bisa bernafas dengan lega sambil merasakan hembusan angin laut dan memandangi indahnya pantai Solong, Kabupaten Banyuwangi.

"Seluruh tamu, desainer, dan model sudah melewati tes Covid-19 yang tentunya meyakinkan kita bahwa masyarakat bisa sehat dan ekonomi kuat," ujar gadis kelahiran Surabaya, 11 Juli 1997 ini.

Menurut Maulida, batik Jawa Timur selain indah juga menyimpan cerita menarik di baliknya. Sebagaimana kisah batik Gringsing, yang menjadi tema East Java Fashion Harmony kali ini. Jika batik Gringsing dibalutkan pada anak yang sedang demam maka dipercaya akan turun demamnya dan sehat kembali.

Ayu Maulida, c

Hal tersebut terlukis dari makna batik Gringsing, dimana 'Gring' berarti sakit dan 'Sing' bermakna jangan. Maka dengan 'Gringsing' harapanya sakit itu segera pergi.

"Pada event (gelaran) internasional yang pernah saya ikuti, banyak sekali teman-teman dari negara lain yang terpukau dan selalu menanyakan soal batik. Wah hebat ya, motif serumit ini dibuat dari tulisan tangan. Benar-benar mereka penasaran gimana cara membuatnya," cerita alumnus Universitas Airlangga Surabaya ini.

Hal tersebut menurutnya membuktikan bahwa masyarakat internasional sangat berpeluang menjadi konsumen batik Indonesia, bukan hanya orang-orang lokal saja. Ia berharap agar seluruh pengerajin batik Jawa Timur semakin maju dan mendunia.

"Pada ajang Miss Universe nanti, saya akan membawa batik dari Jawa Timur. Saya akan perkenalkan keindahannya kepada dunia internasional," pungkas Puteri Indonesia 2020, Ayu Maulida. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES