Kesehatan

Jangan Anggap Sepele, Ini Dampak Stres untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 15 November 2020 - 02:36 | 175.30k
Ilustrasi (FOTO: Freepik/jcomp)
Ilustrasi (FOTO: Freepik/jcomp)

TIMESINDONESIA, JAKARTAStres bisa dialami siapa saja. Penyebabnya bisa karena tekanan pekerjaan, masalah keluarga, atau masalah ekonomi. Meski sering terjadi, stres bukannya tanpa risiko. Jika terus-menerus mengalami stres, maka risiko untuk terkena berbagai macam penyakit pun akan muncul. Apa saja dampak stres untuk kesehatan tubuh?

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa penyakit yang bisa muncul jika kita mengalami stres dalam jangka panjang. Berikut adalah penyakit-penyakit yang bisa muncul saat mengalami stres yang berkepanjangan.

1. Penyakit jantung

Pakar kesehatan menyebut masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efek stres pada kesehatan jantung, namun cukup banyak pakar kesehatan yang menyebut stres terkait dengan peningkatan tekanan darah dan kadar kolesterol. Hal inilah yang dipercaya ikut menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung.

Stres juga bisa membuat kita lebih rentan mengalami perubahan gaya hidup menjadi semakin tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi alkohol, hingga semakin malas bergerak yang bisa memicu datangnya penyakit jantung.

2. Diabetes

Hormon kortisol yang jumlahnya meningkat saat stres ternyata bisa mempengaruhi kemampuan tubuh dalam mengendalikan kadar gula darah. Bahkan jika kita mengalami depresi, risiko untuk mengalami gangguan kadar gula darah yang terkait dengan risiko diabetes juga meningkat.

Stres juga membuat kita seperti memiliki keinginan berlebih untuk makan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika makan berlebih terkait dengan obesitas dan diabetes.

3. Gangguan pencernaan

Di dalam pencernaan juga terdapat sistem saraf yang terkait dengan otak. Jika kita mengalami stres, maka sistem saraf ini akan mengalami gangguan dalam mengendalikan sirkulasi darah dan kontraksi otot pada pencernaan. Hal ini akan menyebabkan datangnya gangguan pada lambung dan usus.

4. Penyakit mata

Telah ada penelitian yang membuktikan bahwa stres yang berlebihan bisa membuat penurunan penglihatan akibat tekanan darah dan hormon kortisol yang terus meningkat dan akhirnya mengganggu aliran darah menuju mata.

5. Sakit kepala

Stres akan menyebabkan kenaikan hormon kortisol dan adrenalin yang akhirnya mempengaruhi aliran darah menuju otak. Otak yang tidak mendapatkan asupan oksigen dengan cukup akhirnya mengalami sakit kepala.

Itulah berbagai dampak stres yang berkepanjangan. Jika merasa stres sebaiknya Anda segera mencari solusi yang tepat agar tidak berlarut-larut dan menimbulkan efek yang lebih buruk untuk kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES