Gaya Hidup

Jangan Abaikan Kebiasaan Kurang Tidur, Ini Dampak Buruknya untuk Kesehatan

Minggu, 15 November 2020 - 00:24 | 224.64k
Ilustrasi - Kurang tidur (FOTO: Freepik/yanalya)
Ilustrasi - Kurang tidur (FOTO: Freepik/yanalya)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kurang tidur dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Selain mudah ngantuk, dampak kurang tidur bisa membuat kondisi fisik dan mental yang menjadi lemah, kurang fokus, kurang berenergi dalam menjalankan aktivitas. 

Dilansir dari Indiatimes, berikut hal yang akan terjadi jika Anda kurang tidur.

1. Masalah pada daya ingat

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Nature.com, kurang tidur dapat memengaruhi kemampuan daya ingat seseorang. Mereka yang kurang tidur cenderung lebih peluda daripada yang tidur teratur. Bahkan, penelitian yang dilakukan oleh beberapa relawan ini menunjukan hasil yang signifikan mengganggu kemampuan untuk mengingat kata-kata yang telah ditunjukkan sehari sebelumnya.

2. Masalah penuaan kulit

Sebuah penelitian di University of Wisconsin menemukan bahwa orang-orang yang kurang tidur setidaknya hanya lima jam sehari. Mereka Mengalami kesulitan dalam pemulihan dari segala jenis kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

3. Menambah berat badan

Jika Kamu kurang tidur, perasaan untuk menolak makanan tinggi kalori menjadi sulit dan keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat meningkat. Kurang tidur menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

4. Masalah pada mata

Kurang tidur dapat menyebabkan masalah penglihatan, mata akan sering sakit, dan penglihatan berbayang. Selain itu masalah halusinasi juga dapat terjadi jika Kamu kurang tidur.

5. Sulit untuk fokus

Kurang tidur dapat mengalami masalah kesulitan fokus. Selain sulit fokus, tingkat kewasapadaan dan perhatian juga menurun. Jika sering kesulitan fokus, tidur bisa menjadi solusinya.

6. Depresi

Penderita insomnia dan kurang tidur dua kali lebih mungkin mengalami depresi dan tidak bahagia. Meskipun tidak semua orang yang cukup tidur lebih bahagia, tetapi tidur yang baik dapat membuat orang lebih bahagia.

Itulah dampak kurang tidur yang bisa terjadi pada Anda. Mulai sekarang biasakan Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas agar terhindar dari gangguan kesehatan tubuh seperti di atas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES