Politik Pilkada Serentak 2020

Cabup Musi Rawas H2G Janji Bangun Pabrik Sawit Karet Mini

Sabtu, 14 November 2020 - 20:36 | 41.01k
Cabup Petahana Nomor Urut 2, H Hendra Gunawan bersama masyarakat Kecamatan Megang Sakti. (Foto: Dok. Tim Pemenangan H2G Mulya)
Cabup Petahana Nomor Urut 2, H Hendra Gunawan bersama masyarakat Kecamatan Megang Sakti. (Foto: Dok. Tim Pemenangan H2G Mulya)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, MUSI RAWAS – Kepada masyarakat di Kecamatan Megang Sakti saat melaksanakan kampanye, Sabtu (14/11/2020) Cabup Musi Rawas H Hendra Gunawan (H2G) mengatakan, melalui PT. Mura Sempurna (PT. MS) akan dibangun pabrik mini untuk hasil panen sawit dan karet, minimal disetiap 100 hektar lahan petani milik rakyat.

Cabup H2G menjelaskan, pabrik mini tersebut nantinya akan mengolah hasil panen kelapa sawit dan karet rakyat, sehingga petani bisa menjual produk dalam bentuk olahan minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO). 

Cabup H2G juga mengajak petani karet untuk 
menjual hasil karet dalam kondisi kering, karena bisa mendapatkan harga yang lebih mahal dan jelas lebih menguntungkan warga, meskipun membutuhkan proses pengeringan terlebih dulu.

Dengan skema itu pula, hasil yang dipanen di perkebunan tidak perlu didistribusikan jauh-jauh ke lokasi pabrik besar sehingga mengurangi biaya produksi. Pabrik mini juga akan dibangun dan tersebar di 14 Kecamatan yang ada di Kabupaten Musi Rawas, hal tersebut diyakini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat yang sebagian besar pendapatannya mengandalkan hasil kebun karet dan kelapa sawit.

"Melalui upaya ini, diharapkan harga hasil perkebunan rakyat (karet dan sawit) di Kabupaten Musi Musi Rawas dapat mendongkrak harga jual di level petani karena produk yang dipasarkan sudah memiliki nilai tambah. Tentunya secara umum dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat," kata Cabup H Hendra Gunawan.

Ditambahkannya, melalui program Mini Refinery CPO dan karet serta pemanfaatan sumur tua minyak bumi yang ada di Kabupaten Mura, juga nantinya akan banyak melibatkan tenaga kerja lokal.

"Dan secara otomatis pengangguran berkurang, serta dapat meningkatkan PAD, meningkatkan ekonomi, dan kemakmuran petani sawit dan karet," pungkas Cabup Musi Rawas, H2G. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES