Peristiwa Daerah

Tradisi Seserahan Fantastis Warga Tengger Wetan Tuban Tak Terkikis Waktu dan Pandemi

Sabtu, 14 November 2020 - 16:14 | 113.15k
Tradisi Seserahan dari Keluarga Pempelai Pria untuk Keluarga Pempelai Perempuan di Desa Tengger Wetan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban (14/11/2020) 
Tradisi Seserahan dari Keluarga Pempelai Pria untuk Keluarga Pempelai Perempuan di Desa Tengger Wetan, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban (14/11/2020) 

TIMESINDONESIA, TUBAN – Di Kabupaten Tuban, tepatnya Desa Tengger Wetan, Kecamatan Kerek, tradisi seserahan terbilang fantastis karena calon pempelai pria rela membawa perabot rumah tangga seperti meja, kursi, almari, kasur dengan nilai angka cukup besar.

Selain perabotan rumah, juga satu ekor sapi berat 500 kwintal dipersembahkan keluarga pria untuk calon perempuan tersebut. 

Seserahan-2.jpg

Tidak cuma perabot dan ternak, tradisi seserahan itu juga menyertakan bahan pangan seperti gabah, beras bumbu dapur sampai makanan dan minuman digunakan untuk perayaan resepsi pernikahan kedua pempelai. 

Uniknya, jika ikatan pernikahan dalam satu desa, maka seluruh seserahan dari pria akan dituntun dan diarak bersama-sama warga lainnya.

Perwakilan keluarga mempelai pria, Wangi menjelaskan tradisi seserahan pra pernikahan di Desa Tengger Wetan merupakan budaya peninggalan nenek moyang sampai saat ini masih bestari dan diteruskan masyarakat desanya. 

"Dari rombongan keluarga dan warga membawa seserahan, diangkut dengan empat armada colt dan truk dengan nilai mencapai Rp 150 juta," terangnya.

Seserahan-3.jpg

Angka ini dikeluarkan karena calon mempelai perempuan berasal dari desa lain, yakni Desa Gemulung, Kecamatan Kerek. Sehingga, bagi keluarga kalangan calon pengantin pria dianggap mampu. 

"Seserahan ditujukan untuk keluarga perempuan ini biasa bagi warga Tengger Wetan. Sebab, mayoritas warga desa sini mampu secara sandang, pangan," imbuhnya.

Sementara pihak keluarga mempelai perempuan, Taryo mengungkapkan rasa terima kasih atas seserahan yang diberikan oleh pihak mempelai pria keluarga Desa Tengger Wetan. 

"Kami mohon doa restu semoga pernikahan anak kami Samrotul Ma'rufah dengan A. Rifqi Febrianto Selasa (17/11/2020) nanti berjalan lancar," pintanya.

Untuk itu, seserahan dari keluarga dan calon menantu pria oleh keluarganya akan dimanfaatkan sebaik mungkin untuk perayaan resepsi pernikahan kedua pasangan pengantin di Kabupaten Tuban tersebut. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES