Indonesia Positif

Panen Sayuran di Kodim 0610 Sumedang Libatkan Anak Yatim Piatu

Sabtu, 14 November 2020 - 14:18 | 67.38k
Forkopinda Sumedang bersama anak yatim piatu saat memanen sayuran di Makodim 0610/Sumedang. (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)
Forkopinda Sumedang bersama anak yatim piatu saat memanen sayuran di Makodim 0610/Sumedang. (FOTO: Alan Dahlan/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SUMEDANG – Komandan Kodim (Dandim) 0610 Sumedang Letkol Infanteri Zaenal Mustofa, mengajak puluhan anak yatim piatu panti asuhan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Sumedang untuk memanen sejumlah sayuran di area Markas Kodim 0610 Sumedang, Sabtu (14/11/2020). 

"Sayuran yang ditanami di area Kodim 0610 dan sudah ketigakalinya panen merupakan program Ketahanan Pangan '4.610' artinya terdapat 4 jenis tanaman sayuran yakni, Tomat, Terong, Cabai Keriting, Cabai Rawit. Dimana, setiap jenis tanaman ini ditanam dalam 610 Polybag," ujar Dandim. 

Menurut Dandim, pada momentum panen ketiga kalinya itu, Dandim sengaja mengundang Bupati Sumedang Dony Ahmad  Munir berikut sejumlah pejabat Forkopinda serta puluhan anak yatim piatu. 

"Kegiatan panen bersama ini merupakan realisasi dari program ketahanan pangan di Kodim 0610 Sumedang," ucap Dandim. 

Dalam kesempatan itu, sambung Dandim, diwarnai dengan pemberian bantuan kemanusiaan terhadap sejumlah anak yatim piatu berupa, sembako dan lainnya. 

"Setelah melaksanakan panen raya ke tiga kalinya, kami tidak berhenti disini namun, akan terus dikembangkan lebih lanjut hingga ke tiap Koramil," tutur Dandim. 

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir mengapresiasi positif program yang tengah dikerjakan Kodim 0610 berupa Ketahanan Pangan 4.610.

"Luar biasa, Makodim 0610 bisa memberikan manfaat baru bagi masyarakat. Bahkan dapat memberi edukasi bagi anak anak di Sumedang dengan mengenal apa itu ketahanan pangan dan bagaimana cara menanam sayuran dalam polybag," terang Bupati. 

Menurut Bupati, dengan memanfaatkan lahan yang ada dengan ditanami berbagai macam sayuran seperti yang telah dikerjakan di Makodim 0610, tentu sangat bermanfaat bahkan bisa dinikamati langsung saat musim panen tiba. 

Hal senada, di apresiasi oleh salahsatu tokoh Jawa Barat yang juga manager Persib Bandung, H. Umuh Muchtar, sejatinya program ketahanan pangan 4.610 Kodim 0610 Sumedang dilaksanakan hingga ke tiap Koramil. 

"Saya berharap melalui kegiatan panen bersama ini, mulai dari pemerintah daerah, masyarakat dan kaum pelajar dapat meniru bahkan dijadikan edukasi kreatif pemanfaatan lahan yang ada seperti halnya di Kodim 0610 dengan konsep ketahanan pangan mandiri," ucap Manager Persib Bandung, H. Umuh Muchtar di markas Kodim 0610 Sumedang. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES