Peristiwa Nasional Pilkada Serentak 2020

Debat Perdana Pilbup Lamongan, Kandidat Boleh Bawa Contekan?

Sabtu, 14 November 2020 - 13:42 | 43.72k
Ketua KPU Kabupaten Lamongan, Mahrus Ali, saat memberikan keterangan kepada wartawan. (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
Ketua KPU Kabupaten Lamongan, Mahrus Ali, saat memberikan keterangan kepada wartawan. (FOTO: MFA Rohmatillah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Debat Pilbup Lamongan putaran pertama akan berlangsung nanti malam, di studio salah satu stasiun televisi swasta di Surabaya. Lalu apakah para kandidat boleh membawa contekan saat debat berlangsung?

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, Mahrus Ali mengatakan, bahwa tidak ada aturan khusus apakah para kandidat diperbolehkan membawa contekan atau tidak. "Untuk debat perdana ini tidak diatur terkait contekan," kata Mahrus, Sabtu (14/11/2020).

Namun hal terkait contekan, kata Mahrus, akan menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan debat putaran kedua. "Jadi hal itu (contekan) akan menjadi catatan tersendiri untuk mengatur pelaksanaan debat nerikutnya," ujar Mahrus.

Sementara untuk panelis debat, KPU Lamongan telah menunjuk tiga panelis berlatar belakang akademisi yang berasal dari Lamongan. "Tiga panelis dari Lamongan mas, dan akan dikawal oleh pihak kepolisian," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Lamongan, AKBP Harun, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan KPU Lamongan terkait pelaksanaan debat perdana.

"Koordinasi yang kita lakukan untuk memastikan keamanan, baik sebelum atau sesudah debat berlangsung. Demi keamanan, perjalanan ke Surabaya akan dikawal oleh anggota Polres Lamongan," kata Harun.

Untuk diketahui, tema debat Pilbup Lamongan putaran pertama adalah 'meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka memajukan pembangunan di Kabupaten Lamongan'. Debat dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES