Peristiwa Daerah UMKM Tangguh

Masa Pandemi, Undip Berdayakan UKM Jamu Semarangan

Sabtu, 14 November 2020 - 13:30 | 67.66k
Tim pengabdian Universitas Diponegoro menyerahkan bantuan peralatan pengaduk dan pemeras jamu Semarangan di Grahamukti, Semarang, Sabtu (14/11/2020). (FOTO: Tim Pengabdian Undip)
Tim pengabdian Universitas Diponegoro menyerahkan bantuan peralatan pengaduk dan pemeras jamu Semarangan di Grahamukti, Semarang, Sabtu (14/11/2020). (FOTO: Tim Pengabdian Undip)
FOKUS

UMKM Tangguh

TIMESINDONESIA, SEMARANG – Tim pengabdian Universitas Diponegoro (Undip) memberikan pendampingan pada UKM Jamu Semarangan yang dimiliki oleh Nurul Inayati warga Grahamukti, Kota Semarang. Pendampingan ini berupa pendampingan pengolahan jamu higienis dan sehat.

Di masa pandemi Covid-19, masyarakat kita banyak yang mengkonsumsi jamu untuk menjaga kesehatannya. Jamu seperti kunyit asam, jahe, sereh, kencur, asam jawa jeruk nipis, sambiroto dan sejenisnya menjadi sumber meningkatkan kesehatan.

"Perajin jamu mendapatkan arahan membuat jamu gendong yang baik dan benar menurut kaidah-kaidah kesehatan yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan," kata Ir. RTD Wisnu Broto, MT, Ketua Tim Pengabdian UKM Jamu Semarangan di Semarang, Sabtu (14/11/2020).

Selain itu juga diberikan arahan penjualan internet marketing, agar pemasaran semakin luas, tidak hanya bergantung pada lingkungan sekitar, tetapi dapat menjangkau wilayah lain.

"Pemasaran yang baik dapat menjangkau wilayah yang lebih luas, terlebih dimasa pendemi ini disarankan untuk tetep dirumah, mengurangi interaksi dengan warga lain," ungkapnya.

Tim pengabdian Undip juga memberikan bantuan berupa alat pemeras dan pengaduk jamu agar proses dapat dilakukan secara higienis dan sehat.

Nurul Inayati menyatakan produksinya sehari sudah mencapai 100 botol Jamu Semarangan, masing-masing botol berukuran 500 ml. "Alhamdulillah sudah lumayan banyak, semoga dengan bantuan pengabdian Undip dapat meningkatkan produksi kami, dan memiliki jangkauan lebih banyak lagi," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES