Pendidikan

MTs Islamiyah Banat Tuban Ikuti Global Learning Connection Microsoft Indonesia

Sabtu, 14 November 2020 - 09:12 | 88.04k
Pemberian materi oleh Miss Sonja Delafosse dan Microsoft Indonesia di MTs Islamiyah Banat Tuban. (Foto: Ikhwan Fahrudi/TIMESIndonesia)
Pemberian materi oleh Miss Sonja Delafosse dan Microsoft Indonesia di MTs Islamiyah Banat Tuban. (Foto: Ikhwan Fahrudi/TIMESIndonesia)

TIMESINDONESIA, TUBAN – Madrasah Tsanawiyah atau MTs Islamiyah Banat Tuban, Jawa Timur terus berinovasi dalam peningkatan kualitas lembaga, siswa dan gurunya. Sekolah swasta ini terpilih mengikuti kegiatan Global Learning Connection (GLC) yang dimotori oleh Microsoft Indonesia

Kegiatan ini partisipasi aktif kesekian kalinya setelah hack of the classroom, coding, skype a thone from Paris.

Dalam event bertajuk 'Smart Students in The New Normal: Guidelines to Successful in School and Life in This Era' ini turut menghadirkan Miss Sonja Delafosse, Business Strategy Lead - Educator Programs, Microsoft Corporation dari Amerika Serikat secara virtual.

Dari pihak Microsoft Indonesia ada David, Siti Fatimah dan Imam Syafi'i, MIE Expert, yang mewakili Microsoft Indonesia dalam forum E2 (Educator Exchange) di Paris 2019 lalu. 

Miss Sonja menceritakan manfaat tehnologi terutama optimalisasi Microsoft Office 365 dalam kegiatan pendidikan. Mendorong siswa terus belajar dengan rasa optimis dan pantang menyerah dalam situasi apapun. 

Miss Sonja memaparkan tehnologi yang tepat untuk pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menggunakan Microsoft Office 365.

Selain MTs Islamiyah Banat Tuban, ada pula MA Negeri 14 Jakarta, SMA Negeri Cimanggung turut ikut dalam acara yang berlangsung sangat meriah ini.

Di MTs Islamiyah Banat Tuban sendiri telah menggunakan layanan Microsoft Office 365 sejak Juli 2019, dengan domain @sunnatunnur.sch.id. Penggunaan Microsoft Office sudah sangat familiar bagi sekolah.

Pada pelaksanaan PJJ, aplikasi seperti TEAMS, SWAY, MS Form sangat bermanfaat dalam Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), bahkan pemilihan ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara online. 

Termasuk kegiatan tadarusthone di saat Bulan Ramadan 2019, dengan SMK Kuala Perlis Malaysia telah memanfaatkan layanan skype Microsoft Office 365.

Dari pihak MTs Islamiyah Banat Tuban sendiri, ada empat guru pendamping dan melibatkan 30 siswi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Siswa yang terlibat pun sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. 

Fifin perwakilan siswi MTs Islamiyah Banat Tuban tak lupa mengemukakan pendapatnya dengan bahasa Inggris di hadapan Miss Sonja. Bahwa PJJ membuatnya lebih adaptable terhadap fitur-fitur yang dikenalkan pendidik di sekolahnya. 

"Era new normal tidak berarti mengendorkan sikap kewaspadaan terhadap virus sehingga tetap patuh dan disiplin memakai masker kemanapun, cuci tangan dan social distancing," pesan Fifin, Jumat (13/11/2020). 

Menurut MIE Trainer Microsoft, Siti Fatimah tema GLC kali ini menjadi peserta didik yang cerdas di era new normal. "Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi digital yang semakin pesat. Sekolah juga mampu mengoptimalkan Microsoft Office 365," katanya. 

Perempuan yang juga pengurus di Ikatan Guru Indonesia (IGI) Tuban ini menambahkan, "Sasarannya sekolah mampu mengoptimalkan Microsoft Office 365".

"Tujuannya dengan fitur-fitur Microsoft 365, PJJ lebih efektif, efisien, terintegrasi, tanpa batas kapan pun dan dimanapun," ungkap Guru Bahasa Inggris di MTs Islamiyah Banat Tuban dan Koordinator IGML Tuban tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES