Peristiwa Daerah

FK UWKS Ajak Masyarakat Kenali Pandemi Covid-19 Lewat Webinar

Jumat, 13 November 2020 - 23:40 | 61.04k
FK UWKS saat melakukan konferensi pers pelaksanaan Webinar, Jumat (13/11/2020) (FOTO: FK UWKS)
FK UWKS saat melakukan konferensi pers pelaksanaan Webinar, Jumat (13/11/2020) (FOTO: FK UWKS)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – SURABAYA - Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Wiajaya Kusuma Surabaya (UWKS) telah menyelenggarakan webinar tentang pandemi Covid-19 sebanyak 3 Kali. Pertama pada pada 29 Agustus 2020 lalu dengan tema New Normal dalam Perspektif Kesehatan Masyarakat. Kedua FK UWKS juga menggelar webinar pada 9 Oktobet 2020 dengan tema Profesional dan Manajemen Rujukan Medis di Era Pandemi.

Meneruskan sosialisasi pencegahan melalui webinar, FK UWK Surabaya pada siang tadi, Jumat (13/11/2020) telah menyelenggarakan webinar dengan tema Problatika Koordinasi Kesehatan Lintas Sektor di Era Pandemi Covid-19.

Dalam webinar tersebut mengahadirkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, ketua tim juru bicara Satgas Penangan Covid-19 BNPB, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, Ketua IDI Jatim, dr. Sutrisno dan Dekan FK UWKS dr Suhartatik.

Ketua pantia webinar, dr Sukma Suhadewa saat persconferance mengatakan bahwa melalui kegiatan webinar tersebut masyarakar tetap menjaga protokol kesehatan secara optimal.

"Selain kita menunggu penelitian yang sedang berlangsung vaksin yang sedang diteliti, kita harapkan menjaga protokol kesehatan jadi prokotokol kesehatan sebuah obat mencegah terjadinya virus Corona. Intinya masyarakat tetap jangan takut, tapi ingat juga harus menjaga perilaku hidup bersih dan sehat agar tidak terkena virus Corona," ujar Sukma.

Sukma berharap pada Desember sampai Januari 2020 nanti, proses vaksinasi bisa dimulai dan bisa diberikan ke masyarakat. 

Sementara itu, Dekan UWKS dr Suhartatik mengatakan FK UWKS juga turun untuk memberi penyuluhan melalui petinggi-petinggi seperti RT atau RW secara virtual. Menurutnya, hal yang paling penting uialah disiplin menerapkan 3M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak 

"Mari kita melindungi diri kita sendiri dan keluarga," jelasnya.

Suhartatik menambahkan untuk menjaga imun tidak hanya vaksinasi tapi juga gaya hidup yakni makan sehat empat sehat lima sempurna, olahraga dan mengurangi stres. 

Penyelenggaraan webinar ini merupakan salah satu pengabdian masyarakat dosen dan dokter muda FK UWKS, dengan memperkaya wawasan keilmuan terkait ilmu kedokteran dan ilmu kesehatan masyarakat dari ruang lingkup yang lebih luas. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES