Peristiwa Daerah

Cassa 212 Lanud Abdurachman Saleh Lakukan Aeroseeding di Tiga Gunung

Sabtu, 14 November 2020 - 00:27 | 99.63k
Kegiatan Aeroseeding Cassa 212 Skuadron Udara 4 Lanud Abd Saleh Malang.(FOTO: Pentak Lanud Abd Saleh Malang)
Kegiatan Aeroseeding Cassa 212 Skuadron Udara 4 Lanud Abd Saleh Malang.(FOTO: Pentak Lanud Abd Saleh Malang)

TIMESINDONESIA, MALANGLanud Abdurachman Saleh Malang kerahkan pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara mendukung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur dalam melaksanakan aeroseeding (penyebaran benih tanaman keras dari udara), Kamis (22/11/2020).

Benih tanaman keras itu disebar di kawasan hutan tiga gunung, yakni gunung Arjuna, gunung Kawi dan gunung Panderman.

Sedikitnya 1400 kilogram berbagai bibit tanaman keras seperti trembesi, sengon buto, dan benih campuran disebar dari udara di areal  yang luasnya sekitar 1000 hektar.

Pesawat Cassa 212 dari Skuadron Udara 4 Lanud Abd Saleh Mang memang mampu dan ahlinya dalam manuver di atas hutan, bahkan dalam ketinggian tertentu untuk menjangkau areal sasarannya.

Aeroseeding Cassa 212 Skuadron Udara 4 Lanud Abd Saleh Malang

Danlanud Abd Saleh, Marsma TNI Wayan Superman di ruang briefing Skadron Udara menyatakan  penyebaran benih tanaman melalui udara memang menjadi salah satu kemampuan yang dimiliki pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara 4 ini. Ia berharap aeroseeding ini bisa membantu masyarakat dan pemerintah dalam upaya memelihara kelestarian alam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim,  Drs Sriyono, M.M., M.Si. juga juga menyatakan senang dibantu oleh TNI AU dan Lanud Abdulrachman Saleh melaksanakan aeroseeding dalam menyebar benih di lahan hutan-hutan yang ada di sekitar Gunung Arjuno, Gunung Kawi dan Gunung Panderman itu.

Komandan Skadron Udara 4 Letkol Pnb M Arif menambahkan, aeroseeding kali ini merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara 4 sebagai pesawat angkut ringan.

Skuadron Udara 4 Lanud Abd Saleh Malang

Hari ini dilakukan dua sortie penerbangan dengan membawa sekitar 1400 kilogram bibit tanaman trembesi, sengon buto, dan benih campuran di lahan-lahan hutan dengan luas sekitar 1000 hektar.

Penerbangan pesawat Cassa 212 dari Skadron Udara 4 itu di bawah kendali Letkol Pnb M Arif dan Mayor Pnb Susilo dan berlangsung lancar hingga tengah hari. Hadir dalam kegiatan aeroseeding tersebut antara lain Danwing 2 Lanud Abdurachman Saleh Malang, Kolonel Pnb Reza Sastranegara, Staf BPBD Jatim, Sekretari BPBD Kabupaten Malang, Ir Bagyo Setyono, unsur Perhutani Malang, Tahura Malang serta staf dari Lanud Abd Saleh sendiri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES