Peristiwa Daerah

Hadiri Wer Warat, Bupati Thaher: Kearifan Lokal ini Harus Dilestarikan

Jumat, 13 November 2020 - 22:13 | 44.04k
Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun (Kaos Biru) yang hadir sekaligus turun langsung dalam kegiatan Wer Warat yang digelar di Desa Soinrat, Kamis (12/11). (Foto: Humas Pemkab Malra/Times Indonesia)
Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun (Kaos Biru) yang hadir sekaligus turun langsung dalam kegiatan Wer Warat yang digelar di Desa Soinrat, Kamis (12/11). (Foto: Humas Pemkab Malra/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAWer Warat atau tarik tali merupakan salah satu kearifan lokal masyarakat suku Kei yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual untuk menangkap ikan secara tradisional. Kegiatan ini harus terus dilestarikan masyarakat Kei.

Hal ini dikatakan Bupati Maluku Tenggara (Malra), M Thaher Hanubun ketika menghadiri sekaligus turut serta dalam tradisi wer warat yang digelar oleh masyarakat Desa Soinrat Kecamatan Kei Besar, yang didukung oleh Dinas Pariwisata dan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Malra Kamis (12/11).

Turut hadir dalam pelaksanaan wer warat di Desa Soinrat tersebut, Kepala Dinas Pariwisata, Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan dan BPPD Malra.

Menurut Thaher, kearifan lokal wer warat dapat bermanfaat untuk mempromosikan daerah khususnya dalam bidang pariwisata di kancah nasional maupun internasional.

Bupati Maluku Tenggara M Thaher Hanubun

"Kearifan lokal wer warat ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat lokal wisatawan domestik maupun mancanegara," ucap Bupati Thaher dalam siaran resminya yang diterima TIMES Indonesia, Jumat (13/11).

Selain itu, Bupati Thaher menjelaskan di Desa Soinrat sendiri memiliki obyek wisata lain seperti wisata air terjun dan pulau yang indah untuk dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Thaher menambahkan, ketika semua ini terus dilestarikan dan dilaksanakan dengan baik, roda perekonomian masyarakat melalui pariwisata dan kebudayaan akan bergerak.

"Ketika roda perekonomian itu berjalan maka itu menjadi hal yang positif untuk kesejahteraan warga dan itu harapan besar Pemda, maka kewajiban Pemda dan instansi terkait untuk mendukungnya," tandas Bupati Thaher tentang kegiatan Wer Warat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES