Pemerintahan

Bawaslu Banjarnegara Segera Ikuti Uji Publik Keterbukaan Informasi

Jumat, 13 November 2020 - 19:56 | 47.87k
Ketua Bawaslu Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Sarno Wuragil. (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)
Ketua Bawaslu Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah Sarno Wuragil. (Foto: Muchlas Hamidi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARABawaslu Banjarnegara, Jawa Tengah kini bersiap untuk mengikuti uji publik keterbukaan informasi menyusul perolehan nilai oleh Komisi Informasi Jawa Tengah pada evaluasi tahap ketiga yang dilaksanakan Selasa (10/11/2020) lalu.

Ketua Bawaslu Banjarnegara, Sarno Wuragil, saat dikonfirmasi TIMES Indonesia, Jumat (13/11/2020) mengatakan, perolehan nilai dari akumulasi tiga tahapan evaluasi yang sudah dijalani oleh Bawaslu Banjarnegara adalah sebesar 88,40.

Angka tersebut sudah melebihi ambang batas yang ditetapkan oleh Komisi Informasi Jawa Tengah sebesar 70 sebagai syarat mengikuti tahapan selanjutnya yakni uji publik.

"Ini merupakan kerjasama tim, terutama para staf yang membidangi pengelolaan informasi dan dokumentasi di Bawaslu Banjarnegara," ujar Sarno Wuragil, didampingi Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi, Sugiyatno.

Sebelumnya, Bawaslu Banjarnegara masuk sepuluh besar dari 35 Bawaslu kabupaten/kota se Jawa Tengah dalam pengelolaan informasi, sehingga berhak mengikuti evaluasi tahap ketiga.

Menurut Sarno Wuragil, uji publik merupakan evaluasi tahap keempat atau terakhir untuk menentukan apakah badan publik masuk kualifikasi informatif, menuju informatif, cukup informatif, kurang informatif dan tidak informatif.

Lebih lanjut menurutnya, terlepas dari penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi, pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan Bawaslu Banjarnegara sebagai badan publik yang terbuka, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

"Ada pemeringkatan atau tidak, sudah menjadi komitmen kami untuk menyelenggarakan pengelolaan lembaga yang transparan dan akuntabel," tegasnya.

Dijelaskan pula, untuk memberikan akses yang mudah bagi masyarakat dalam mendapatkan informasi, Bawaslu Banjarnegara membuat layanan informasi online berbasis website. Masyarakat dapat mengakses Portal PPID Bawaslu Banjarnegara di alamat ppid.banjarnegara.bawaslu.go.id

Semua informasi, baik tentang kepemiluan maupun kelembagaan Bawaslu bisa dilihat di portal tersebut. Informasi yang tersedia sudah dikelompokan sesuai dengan kategorinya, yakni informasi berkala, informasi serta-merta, dan informasi setiap saat.

Selain layanan online berbasis website, Bawaslu Banjarnegara juga menyediakan saluran lain bagi masyarakat untuk mengakses informasi publik. Masyarakat bisa mendatangi langsung Kantor Bawaslu Kabupaten Banjarnegara, yang beralamat di Jalan Selamanik Nomor 14 Banjarnegara.

"Selain itu, kami juga menyediakan layanan informasi melalui sarana yang lain, seperti telepon dan email," tambah Sarno Wuragil, Ketua Bawaslu Banjarnegara(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES