Peristiwa Daerah

Pemkab Bondowoso Sarankan Komunitas Skateboard Gunakan Arena BMX

Jumat, 13 November 2020 - 19:44 | 65.85k
Tampak salah seorang remaja bermain skateboard di arena Monumen Gerbong Maut Bondowoso (Foto: tangkapan layar video/TIMES Indonesia).
Tampak salah seorang remaja bermain skateboard di arena Monumen Gerbong Maut Bondowoso (Foto: tangkapan layar video/TIMES Indonesia).

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Warga Bondowoso sempat dihebohkan aksi remaja yang bermain skateboard di area Monumen Gerbong. Dalam video berdurasi 59 detik itu, mereka masuk dan menaiki area terlarang kemudian meluncur menggunakan papan skate. Tindakan mereka viral di platform media sosial dan WhatsApp. Kemudian mendapat kecaman dari warga. Bahkan berujung sanksi sosial oleh Pemkab Bondowoso.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Ririn Mardikaningrum juga menyayangkan tindakan tak terpuji tersebut.

Ia berharap agar kejadian serupa tak terulang kembali. Sebaiknya kata dia, para skater tidak menggunakan fasilitas umum untuk kegiatan berolahraga ataupun minat dan bakat lainnya. 

"Fasilitas umum contohnya seperti jalan raya. Apalagi di monumen sejarah, itu bukan arena olahraga," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Ia mengarahkan agar komunitas skateboard bisa bermain di arena BMX. Yakni area yang terletak di samping Stadion Magenda Jalan Tegalbatu Utara, Badean Bondowoso.

"Nanti akan kami koordinasikan dengan KONI dan teman-teman BMX. Pemuda dengan bakat di bidang olahraga sepatu roda juga bisa memakai area di sekitar stadion," jelasnya.

Ia tak memungkiri, bahwa arena skateboard memang belum tersedia di Bondowoso. "Arena skateboard dan sepatu roda sudah direncanakan bakal dibangun di Alun-Alun RBA Ki Ronggo pada 2020," jelasnya.

Pemkab berencana membangun fasilitas olahraga di Alun-Alun. Namun tertunda karena APBD Bondowoso refocusing untuk penanganan Covid-19.

"Pembangunan fasilitas olahraga bukan hanya dilakukan oleh dinas yang membidangi dalam hal ini Disparpora. Kami berkoordinasi dengan berbagai dinas. Pembangunan fasilitas olahraga di Alun-Alun ditangani Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah remaja yang terlibat bermain skateboard di Monumen Gerbong Maut Bondowoso sudah meminta maaf dan menyatakan sikap untuk tidak mengulangi lagi. Pemkab Bondowoso juga sudah memberikan sanksi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES