Peristiwa Nasional

Bertemu Menteri Edhy Prabowo, Nelayan Pelabuhan Sorong Sampaikan Harapannya

Jumat, 13 November 2020 - 18:45 | 45.37k
Menteri KP Edhy Prabowo saat berbicara dengan Robin, Nelayan di Pelabuhan Sorong pada Jumat (13/11).  (Foto: kkp.go.id)
Menteri KP Edhy Prabowo saat berbicara dengan Robin, Nelayan di Pelabuhan Sorong pada Jumat (13/11). (Foto: kkp.go.id)

TIMESINDONESIA, SORONGNelayan di Pelabuhan Sorong, Papua Barat, mengakui bahwa proses perizinan usaha perikanan kini semakin cepat. Hal itu disampaikan nelayan saat berbincang dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Jumat (13/11/2020).

"Bagaimana pengurusan izin, cepat atau seperti apa prosesnya?" tanya Menteri Edhy.

"Cepat pak," jawab Robin, nelayan yang sehari-hari beraktivitas di Pelabuhan Sorong.

Menteri Edhy menjelaskan, kemudahan perizinan usaha memang menjadi fokus utama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sesuai amanat Presiden Joko Widodo. Salah satu wujudnya, KKP telah meluncurkan aplikasi Silat pada akhir tahun 2019.

Silat merupakan sistem pengurusan izin kapal dibawah naungan Ditjen Perikanan Tangkap. Dengan aplikasi itu, pengurusan izin yang tadinya memakan waktu 14 hari, kini beres dalam satu jam. Sejauh ini, lebih dari 4.000 izin yang sudah dikeluarkan oleh KKP melalui aplikasi Silat.

Saat berinteraksi langsung dengan nelayan, Menteri Edhy juga meminta mereka tetap memperhatikan keselamatan saat melaut. Terlebih saat musim hujan seperti sekarang.

"Perhatikan juga kesehatan, jangan sampai terinfeksi Covid," ujarnya.

Sementara itu, Robin mengaku tak menyangka disapa Menteri Edhy Prabowo. Momen itu langsung dimanfaatkan untuk menyampaikan kondisi nelayan dan penyerapan hasil perikanan di Pelabuhan Sorong. Robin berharap pemerintah memberi bantuan alat tangkap dan tempat penyimpanan ikan. "Ini untuk pertama kali saya interaksi dengan Pak Menteri, senang rasanya," ungkap nelayan berumur 36 tahun. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES