Peristiwa Nasional

Lestarikan Terumbu Karang di Kawasan Raja Ampat, KKP RI Kolaborasi dengan Bappenas

Jumat, 13 November 2020 - 18:09 | 43.46k
Menteri KP Edhy Prabowo bersama Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dalam acara melestarikan terumbu karang di kawasan Raja Ampat, Papua Barat pada Jumat (13/11). (Foto: kkp.go.id)
Menteri KP Edhy Prabowo bersama Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa dalam acara melestarikan terumbu karang di kawasan Raja Ampat, Papua Barat pada Jumat (13/11). (Foto: kkp.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP RI) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) berkolaborasi melestarikan terumbu karang di kawasan Raja Ampat, Papua Barat.

Kegiatan ini sekaligus untuk mendorong ekonomi masyarakat pesisir Bumi Kasuari. Kolaborasi ditandai dimulainya pelaksanaan Program Rehabilitasi dan Pengelolaan Terumbu Karang (Coremap CTI) Papua Barat yang berlangsung di Sorong, Jumat (13/11/2020).

Acara ini dihadiri Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa.

Menteri Edhy menjelaskan menjaga kelestarian terumbu karang berarti mendukung kesejahteran masyarakat pesisir, khususnya nelayan. Pasalnya, terumbu karang menjadi habitat dan tempat beragam spesies ikan memijah.

"Tanpa terumbu karang, jangan pernah berpikir sumber daya ikan kita akan terus berkembang biak. Yang ada malah kita akan kekurangan ikan," ujar Menteri Edhy dalam acara tersebut.

Melestarikan terumbu karang, sambung Menteri Edhy, berarti juga mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat pesisir. Sebab terumbu karang bermanfaat untuk sektor pariwisata serta dapat dibudidaya.

Menteri Edhy pun memberi apresiasi pada Kementerian PPN/Bappenas atas pelaksaan program yang didanai Bank Dunia tersebut. Selain di Papua Barat, Coremap CTI juga berlangsung di Nusa Tenggara Timur.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PPN/Bappenas. Ini menunjukkan keberpihakan kepada masyarakat nelayan, mengarahkan pada penyelamatan karang," tandas Menteri Edhy selaku pucuk pimpinan KKP RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES