Pemerintahan

Meski Lebih Kecil, Program BST Kemensos RI Diperpanjang Hingga 2021

Jumat, 13 November 2020 - 17:57 | 42.21k
Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam sambutannya di kantor Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bandar Jaya, untuk menyalurkan bantuan sosial sembako di Simalungun, Medan, Kamis (12/11). (Foto: kemsos.go.id)
Menteri Sosial Juliari P Batubara dalam sambutannya di kantor Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bandar Jaya, untuk menyalurkan bantuan sosial sembako di Simalungun, Medan, Kamis (12/11). (Foto: kemsos.go.id)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Program Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial RI (Kemensos RI) akan dipeRp anjang hingga 2021. Hal ini disampaikan Menteri Sosial RI (Mensos RI) Juliari P Batubara pada acara penyerahan BST kepada KPM melalui PT Pos Indonesia (Persero) di Medan, Jumat (13/11/2020).

"Presiden Joko Widodo sudah menyetujui soal perpanjangan BST. Namun, untuk sementara dana BST-nya lebih kecil, yakni Rp 200.000 per KPM," ujar Juliari P Batubara.

Mensos menyampaikan, Perpanjangan penyaluran BST hingga Juni 2021 ini bertujuan untuk membantu masyarakat yang perekonomiannya terganggu akibat pandemi Covid-19.

Berbeda dari sebelumnya, jumlah dana yang diberikan lebih sedikit atau Rp 200 ribu dari Rp 600 ribu dan Rp 300 ribu pada 2020, mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya untuk bisa menambah jumlah KPM, ketersediaan anggaran dan perkiraan dampak pandemi COVID-19 sudah makin berkurang.

Mensos mengapresiasi penyaluran BST PT Pos Indonesia untuk Sumut yang sudah terealisasi cukup bagus hingga 90,3 persen. Dana BST tersebut, diharapkan bisa menekan angka kemiskinan di Indonesia.

Menurut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) mencatat ada 29 juta warga miskin di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 20 juta sudah mendapat bantuan dari Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), dan 10 juta di antaranya mendapat Program Keluarga Harapan (PKH).

"Jadi, Program BST (Kemensos RI) menjangkau 9 juta warga miskin yang belum mendapat program reguler, baik BPNT maupun PKH," tandas Mensos RI, Juliari P Batubara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES