Peristiwa Daerah

Air PDAM Kota Malang Terkontaminasi Solar, DPRD Kota Malang: 90 Ribu Warga Terdampak

Jumat, 13 November 2020 - 17:44 | 68.20k
Komisi B DPRD Kota Malang saat melakukan sidak di sumber air Wendit. (Foto: Dok. DPRD Kota Malang)
Komisi B DPRD Kota Malang saat melakukan sidak di sumber air Wendit. (Foto: Dok. DPRD Kota Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Warga Kota Malang lagi-lagi mengeluh kepada Perumda Tugu Tirta atau PDAM Kota Malang. DPRD Kota Malang menyebutkan ada 90 ribu warga yang berpotensi terdampak akibat masalah ini.

Anggota Komisi B DPRD Kota Malang langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sumber air di Wendit, untuk memastikan akar penyebab air tercemar minyak.

"Hampir 90 ribu sambungan rumah pelanggan (potensi terdampak). Kalau pelanggannya 160 ribu, hampir 60 persen. Ini vatal sekali jika terulang lagi," ujar Ketua Komisi B DPRD Kota Malang, Trio Agus Purwono, kepada TIMES Indonesia, Jumat (13/11/2020).

Bersama tujuh anggota Komisi B, Trio menanyakan pihak Perumda Tugu Tirta Kota Malang terkait persoalan yang dikeluhkan masyarakat.

Kata Trio, memang ada catatan sekitar 2000 liter solar yang tumpah dan tercampur di tandon air yang akan disalurkan kepada masyarakat.

Namun, Perumda Tugu Tirta mengaku tidak ada kelalaian petugas. Petugas disebut sudah bekerja sesuai standard operasional prosedur (SOP).

"Kalau di internal tidak ada keteledoran, ada kemungkinan tindakan sabotase dari oknum luar. Kami minta segera lapor ke kepolisian untuk diusut," jelasnya.

Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang itu menjelaskan, pihaknya meminta Perumda Tugu Tirta memberikan kompensasi kepada masyarakat terdampak.

Salah satunya penyaluran tangki air bersih kepada masyarakat yang terdampak langsung. Karena kata Trio, kebutuhan air bersih adalah kebutuhan mendasar masyarakat yang sehari-hari digunakan.

"Kalau air yang diterima kotor atau tercemar, kan dibuang sama masyarakat," tandasnya.

DPRD Kota Malang merekomendasikan Perumda Tugu Tirta atau PDAM Kota Malang meningkatkan sistem pengawasan dan pengamanan. Misalnya, Trio menyontohkan pemasangan kamera pengintai CCTV, sistem keamanan berlapis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES