Pemerintahan

Pemkab Majalengka Tingkatkan Kesetaraan Gender

Jumat, 13 November 2020 - 17:32 | 48.44k
Pemkab Majalengka gelar rapat koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang dilaksanakan di salah satu hotel di Majalengka. Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia
Pemkab Majalengka gelar rapat koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang dilaksanakan di salah satu hotel di Majalengka. Foto: Diskominfo Majalengka for TIMES Indonesia

TIMESINDONESIA, MAJALENGKA – Gender menjadi salah satu isu yang dianggap penting untuk dikawal mencegah adanya ketimpangan. Pemkab Majalengka menyatakan komitmen melindungi hak asasi setiap insan, baik laki-laki maupun perempuan sesuai dengan kodratnya.

Jadi tak ada lagi kesalahpahaman bahwa Pengarus Utamaan Gender (PUG) hanya berkepentingan pada kaum perempuan. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Eman Suherman, dalam rapat koordinasi PUG di salah satu hotel di Majalengka, Jumat (13/11/2020).

Menurut Eman Suherman, implementasi PUG di setiap instansi dan masyarakat tentunya mempunyai orientasi kepada terwujudnya keadilan gender dan kesetaraan gender.

Rakor-Majalengka-2.jpg

"Seyogyanya acara ini dapat memperkuat langkah dan pemahaman terhadap berbagai isu gender di masyarakat seperti marjinalisasi dan sub organisasi gender," ucap Sekda.

Sekda menambahkan, perwujudan implementasi PUG di setiap lembaga dan masyarakat tentunya harus bermula dari perwujudan perencanaan dengan perspektif gender. Selanjutnya adalah pengintegrasian gender dalam pembangunan sektor terkait, dan penganggaran berperspektif gendergender.

Terkait hal tersebut, menurut dia, salah satu indikator sederhana adalah seberapa besar keterlibatan laki-laki dan perempuan secara proporsional dalam kegiatan pembangunan.

"Saya mengharapkan semua pihak dapat membangun komitmen bersama terhadap implementasi PUG di setiap lembaga, mari kita rumuskan bersama berbagai program pendukung, monitoring implementasi program serta selalu evaluasi berbagai hasil program di lapangan," jelasnya dalam rakor PUG yang digelar Pemkab Majalengka. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES