Pendidikan UIN Malang

Mahasiswa UIN Maliki Malang Borong Juara Lomba MHQ MSQN

Jumat, 13 November 2020 - 17:02 | 207.15k
M. Hafidz Nur Azizi Dan Lailatul Masruroh  Mahasiswa UIN Malang Yang Memenangkan Lomba MHQ MSQN (FOTO: UIN Maliki Malang)
M. Hafidz Nur Azizi Dan Lailatul Masruroh Mahasiswa UIN Malang Yang Memenangkan Lomba MHQ MSQN (FOTO: UIN Maliki Malang)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa UIN Maliki Malang kembali menorehkan prestasi, kali ini di ajang Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) yang merupakan salah satu cabang lomba pada Musabaqah Seni Qurani Nasional (MSQN) yang diadakan di Unissula.

Mereka adalah Lailatul Masruroh, jurusan Tadris Bahasa Inggris angkatan 2019 dan M Hafidz Nur Azizi, jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir angkatan 2018.

Lailatul mendapatkan juara 2 sedangkan Hafidz mendapatkan juara 3. Mereka memenangkan juara dari 90 peserta yang mengikuti cabang lomba MHQ. 

"Setiap peserta akan diberi 3 soal dari 15 juz. Pesertanya 90 orang (laki-laki dan perempuan) dari Mahasiswa se-Indonesia," ujar Lailatul Masruroh kepada TIMES Indonesia.

Perlombaan diadakan via daring melalui zoom. Kemudian pemenang diambil 3 juara dari putra dan 3 juara dari putri pada setiap cabang lomba. Dalam perlombaan MSQ terdapat beberapa anak cabang lomba yaitu MHQ 15 juz, MTQ, cover sholawat, khot dan dai'ah. 

"Pelaksanaannya via zoom untuk MHQ dan untuk cabang ini hanya ada 1 kali penampilan tanpa adanya final. Untuk Cabang-cabang yang lain saya kurang tau kak," imbuh M Hafidz Nur Azizi.

Berbagai usaha serta jerih payah yang tidak mudah dilalui Lailatul dan Hafidz dengan istiqamah murajaah. Sehingga dapat mengantarkan mereka menyandang juara. 

"Rintangan terberat saya adalah usaha untuk Istiqamah Murajaah kak. Karena harus pintar membagi waktu antara kuliah, mengerjakan tugas pribadi dan untuk murajaah. Sampai sekarang saya masih belajar dan berusaha untuk bisa istiqamah dalam murajaah," ujar Lailatul.

"Karena cabang saya MHQ ya pastinya saya perbanyak murajaah dan banyak berlatih sama temen-temen juga," sambung Hafidz.

Namun tidak hanya murajaah saja yang akhirnya bisa mengantarkan mereka ke gerbang kemenangan. Tapi dikarenakan mereka tak pernah lupa selalu berdoa. Karena ia merasa bisa berkat pertolongan dari Allah.

"Sehingga diberi kemudahan dalam menjawab soal-soal. Kalau mengandalkan usaha saya saja rasanya tidak mungkin bisa mendapat juara. Juga tidak lupa meminta doa kepada orang tua," pungkas Lailatul, mahasiswi UIN Maliki Malang yang menorehkan prestasi di ajang MHQ MSQN 2020. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES