Peristiwa Nasional

Presiden RI Jokowi Apresiasi Simulasi Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo

Jumat, 13 November 2020 - 15:50 | 35.20k
Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi terkait pelaksanaan simulasi destinasi super prioritas Labuan Bajo secara virtual. (foto: Humas Basarnas/TIMES Indonesia)
Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasi terkait pelaksanaan simulasi destinasi super prioritas Labuan Bajo secara virtual. (foto: Humas Basarnas/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTAPresiden RI Jokowi menyaksikan secara virtual simulasi Healthy, Safety, and Security Protocol Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo.

Simulasi bencana gempa bumi berpotensi tsunami di Pantai Pede, serangan jantung turis di Pulau Komodo, serta kecelakaan kapal pesiar terbakar dan tenggelam di Perairan Labajo itu dimulai tepat pukul 10.00 WITA.

Simulasi selama 45 menit yang disaksikan Presiden RI Joko Widodo itu, juga dihadiri sejumlah menteri dan pejabat dari lantai 7 Hotel Inaya Bay Komodo Labuan Bajo.

Presiden Joko Widodo b

Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Wishnutama Kusubandio, Menteri Komunikasi dan informatika Johnny G. Plate, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Kabasarnas Marsdya TNI Bagus Puruhito, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, perwakilan dari BPPT, Pengelola Taman Nasional Komodo, jajaran Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Labuan Bajo Tourism Authority, BPBD, PMI, dan stakeholder lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden RI menyatakan optimismenya terkait perkembangan pariwisata ke depan setelah ada tim terpadu yang terlibat dalam simulasi.

“Simulasi ini pertama kali kita laksanakan dengan melibatkan berbagai kementerian dan kelembagaan. Saya percaya, dengan semangat sinergitas ini, kita dapat memberikan jaminan kesehatan, keselamatan, dan keamanan, bagi wisatawan di Labuan Bajo. Kegiatan ini akan kita laksanakan di tempat-tempat wisata prioritas lainnya. Sehingga wisatawan khususnya dari luar negeri tidak ragu lagi berkunjung ke Indonesia,” tutur Presiden Joko Widodo melalui rilis yang dikirim Basarnas ke jurnalis Times Indonesia.

Presiden berharap, semua entitas dalam industri pariwisata Indonesia selalu siap mempertahankan kualitas standar kesehatan, keselamatan, dan keamanan di destinasi wisata super prioritas.

“Sehingga, kalaupun terjadi krisis, misalnya kebakaran kapal seperti yang tadi diperagakan, persepsi berkaitan kesehatan, keselamatan, dan keamanan wisatawan selama berkunjung ke suatu destinasi wisata Indonesia tetap baik. Karena kita sudah memiliki contingency plan yang dituangkan dalam segala skenario tindakan,” tegasnya.

Presiden Joko Widodo c

Menkomaritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan juga memberikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam simulasi.

“Kegiatan ini akan kita publikasikan ke penjuru dunia. Bahwa Indonesia khususnya Labuan Bajo, telah siap dengan protokol kesehatan, keselamatan, dan keamanan. Wisatawan tidak perlu ragu lagi, bahwa kita memiliki pelayanan yang prima selama mereka berada di Labuan Bajo khususnya, dan Indonesia pada umumnya,” terang Luhut.

Terpisah, Kabasarnas Marsdya Bagus Puruhito mengungkapkan dukungan penuhnya terkait program pemerintah tersebut.

“Basarnas selalu siap siaga, mendukung penuh kegiatan ini sesuai dengan kapasitas kami sebagai leading sector penyelenggaraan operasi SAR,” tegasnya usai memimpin rapat evaluasi para pelaku simulasi di Aula Kabupaten Banggarai Barat.

Pada simulasi di Labuan Bajo yang disaksikan Presiden RI Jokowi tersebut tersebut, Basarnas mengerahkan 104 personel dari Kantor Pusat, Kantor SAR Maumere, dan Kantor SAR Kupang. Selain mengerahkan alat utama darat, Basarnas juga mengerahkan KN Purworejo dan dua Helikopter Rescue (HR)-6303 dan HR-6306. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES