Peristiwa Daerah

Petani Porang Desa Selur Ponorogo Gaet Investor Jepang

Minggu, 08 November 2020 - 21:45 | 296.11k
Petani Porang Desa Selur Ngrayun Ponorogo bersama Investor dari Jepang. (Foto: Ishar/TIMES Indonesia)
Petani Porang Desa Selur Ngrayun Ponorogo bersama Investor dari Jepang. (Foto: Ishar/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Selain menciptakan ketahanan pangan Pemerintah Desa Selur Kecamatan Ngrayun Ponorogo Jawa Timur melalui Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH Argo Raya)  Minggu (8/11/2020) kedatangan tamu dari Indonesia Japan Business Network (IJB-Net). Kunjungan kali ini membahas tentang  prospek pemasaran dari petani porang dan IJB-Net sebagai buyer eksportir hasil panen porang.

Pola penerapannya dilakukan dengan cara menghubungkan petani yang telah siap menjadi mitra yang disepakati melalui MOu. "Kami sudah komunikasi dengan pihak investor Jepang dan  akan memperkenalkan serta memaparkan secara langsung kepada petani prosedur tentang tata cara pengelolaan sampai proses ekspor, karena komoditas porang dalam hal ini masuk dalam healthy food yang masih unlimited sampai tahun 2028," kata Agung Purwo Susilo dari IJB-Net.

Menurut dia, pihaknya akan membuat cluster porang langsung ke Jepang supaya lebih menguntungkan petani, "Kami juga berencana membangun pabrik untuk mengolah bahan baku menjadi glukoma, sehingga produk yang kita ekspor nanti bukan lagi bahan mentah," lanjut  Agung.

Petani Porang Desa Selur Ngrayun Ponorogo b

Kepala Desa Selur Suprapto mengucapkan terima kasih kepada IJB-Net yang telah berkenan singgah di Desa Selur, Sebuah kebangaan tersendiri bagi kami warga Desa Selur dilirik oleh investor kelas Internasional seperti IJB-Net.

"Saya akan men support  kegiatan lembaga desa yaitu LMDH Argo Raya yang bekerjasama dengan perhutani kaitanya denga Agroforestry berbasis sadapan yang substansinya adalah penanaman porang dibawah tegakan, karena dengan sudah berjalannya beberapa investor yang telah melakukan kegiatan penanaman disitu, maka kehadiran dari eksportir yaitu buyer dari tanaman porang itu nanti akan menguntungkan para warga petani sekaligus memberikan motivasi bahwasanya pangsa pasar itu sudah jelas," ujar Suprapto.

Pemerintah Desa selur pun berharap ada perhatian khusus dari Pemerintah Kabupaten maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur terkait program yang sudah dilaksanakan, "Karena dengan kegiatan ini akan menumbuhkan semangat baru  dari potensi yang ada di Desa Selur," jelas Kepala Desa Selur Suprapto.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES