Ekonomi

SFS Group Bangkitkan UKM Indonesia Lewat Ajang Pencarian Bakat

Sabtu, 07 November 2020 - 22:33 | 283.52k
General Manager SFS Group, Rio Indradinata. (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)
General Manager SFS Group, Rio Indradinata. (Foto: Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peranan cukup besar terhadap perekonomian Indonesia. UKM bahkan diklaim mampu menyediakan hingga 99 persen dari total lapangan kerja. 

Namun sayang, perkembangan UKM di Indonesia dinilai masih jauh dari kata maksimal. Ini dikarenakan, para pegiat UKM di Indonesia masih terbentur dengan keterbatasan pengetahuan dan pengalaman. Hal-hal seperti tidak paham pemasaran, belum memanfaatkan kecanggihan teknologi, manajemen yang buruk, hingga SDM yang belum berkembang.

Salah satu pelaku UKM yang berhasil melaju ke pasar nasional adalah Founder SFS Group, Danan Simangunsong.

Ia sempat merasakan berbagai kendala dalam mengembangkan usahanya. Namun kegigihan itu kini membuahkan hasil. Kisah kesuksesan Danan banyak menjadi pembicaraan publik termasuk seperti yang dikisahkan oleh General Manager SFS Group, Rio Indradinata. 

“Saya tahu persis bagaimana perjuangan Bapak Danan Simangunsong. Dia adalah Founder SFS Group, atau biasa dipanggil Pak Danny dalam merasakan susahnya mengembangkan UKM. Mulai dari menggunakan cara penjualan basic seperti dari rumah ke rumah, keterbatasan tempat & SDM produksi, intinya sudah berbagai jenis masalah pernah dialami beliau," kata Rio Indradinata, Sabtu (7/11/2020). 

Ia menambahkan, pada tahun 2014, Danan Simangunsong memulai merintis UKM dari sebuah garasi kecil. Hingga saat ini SFS Group berhasil menjadi sebuah perusahaan berskala Nasional melalui lini Food & Beverage dengan ribuan agen serta produk yang sudah tersebar di berbagai supermarket kota-kota besar hampir di seluruh Indonesia.

Setelah sukses mengembangkan SFS Group, Danan Simangunsong kemudian berkolaborasi dengan Maria Bernadette Lanniwati, mantan salah satu Dewan Direksi perusahaan TBK dengan omzet skala puluhan triliun rupiah untuk menyatukan visi positif yaitu memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia dengan melakukan pembinaan bisnis pada pelaku UKM dari berbagai daerah di Indonesia melalui Program Entrepreneurship.

“Untuk saat ini jumlah total mitra binaan agen kami sudah mencapai ribuan orang dari berbagai daerah, mulai dari Aceh sampai Merauke. Hampir seluruh Indonesia ya," ujar Rio. 

Mitra binaan UKM tersebut ada yang berprofesi ibu rumah tangga. Bisnisnya Almond Milk dari rumah, tanpa sewa tempat. Mitra tersebut aktif mentoring online dengan para mentor.

"Itu bisa dapat orderan tembus 15 juta lebih dalam waktu 2-3 mingguan saja. Itukan membanggakan ya, seorang ibu rumah tangga bisa sukses punya penghasilan sendiri meskipun usahanya di jalankan dari rumah," imbuhnya.

Melihat besarnya antusiasme pelaku UKM dan hasil yang positif dari bisnis yang dijalankan peserta program, hal itu memperkuat tekad Danan Simangunsong dan Maria Bernadette Lanniwati untuk semakin memantabkan langkah. Bahwa SFS Group harus bergerak lebih.

Rio menjelaskan, banyak faktor kenapa SFS Group ingin berkontribusi membangkitkan UKM di Indonesia. Salah satunya karena di saat pandemi seperti ini, perekonomian semakin loyo. Mulai dari PHK masal, banyaknya pusat perbelanjaan yang tutup, usaha pada bangkrut dan sebagainya. 

"Sedangkan kalau kita lihat Indonesia ini sebetulnya punya banyak sekali produk-produk variatif hasil kreasi masyarakat yang sangat menarik untuk dikembangkan. Kami berharap bisa menularkan hasil didikan Mentoring Team kami untuk para pelaku UKM dengan skala yang lebih masif di saat-saat seperti ini," ungkap Rio.

Selain beberapa program entrepreneurship yang sedang berjalan, saat ini SFS Group juga sedang mempersiapkan langkah yang lebih massif untuk meningkatkan kontribusi terhadap UKM di Indonesia. Salah satunya dengan sebuah program kompetisi untuk para pelaku UKM.

Semacam ajang pencarian bakat, namun berfokus pada pencarian produk-produk UKM yang berkualitas. Di mana pendaftar juga akan berkesempatan untuk mendapatkan bimbingan dari SFS Group Mentoring Team, bahkan bisa berkesempatan untuk dibimbing oleh Danan Simangunsong, Maria Bernadette Lanniwati, dan Rio Indradinata sendiri.

"Ya kemungkinan semacam ajang Got Talent," tandasnya. 

Bahkan nantinya untuk pendaftar yang terpilih juga berkesempatan untuk mendapatkan kontrak ekslusif dari SFS Group. Dengan tujuan yang sama, yaitu membawa bisnis UKM para pesertanya menuju the next level. Namun sayang sekali belum ada konfirmasi detail mengenai kepastian kapan program baru tersebut bakal diperkenalkan. Jika ingin mengikuti perkembangan program tersebut bisa mengunjungi media sosial resmi SFS Group atau Spencer Indonesia. 

“Oh, untuk next program kita sedang proses penggodokan ya. Ini bakal menarik sekali sih, Intinya Pak Danan Simangunsong ingin SFS Group menjadi wadah untuk produk-produk berkualitas dari para pelaku UKM, yang kita akan turut kembangkan produk terpilih tersebut," ucap Rio menambahkan. (*) 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES