Ekonomi

PT Darmi Bersaudara Tbk Catat Kenaikan Pengapalan di Triwulan III

Jumat, 06 November 2020 - 23:47 | 53.83k
Coorporate Secretary PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) Gazali Hasan didampingi Manajer Keuangan, Desandrian memaparkan kinerja perseroan di Surabaya, Jumat (6/11/2020). (Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)
Coorporate Secretary PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) Gazali Hasan didampingi Manajer Keuangan, Desandrian memaparkan kinerja perseroan di Surabaya, Jumat (6/11/2020). (Foto : Lely Yuana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Kinerja PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) mengalami pertumbuhan pengapalan di triwulan III dengan mengapalkan 460 kontainer. Perseroan mengungkapkan jika angka tersebut meningkat 180 persen dibandingkan triwulan II September lalu. 

Di mana sepanjang periode Juli 2020-18 September 2020 perseroan berhasil mengapalkan 161 kontainer. 

"Hal ini menjadi kabar menggembirakan perseroan di tengah upaya pemulihan kinerja akibat Covid-19," terang Coorporate Secretary Gazali Hasan didampingi Manajer Keuangan, Desandrian di Surabaya, Jumat (6/11/2020).

Coorporate Secretary PT Darmi Bersaudara b

Realitasnya sampai dengan akhir September 2020 yaitu posisi dari Januari-September 2020 pengapalan sudah mencapai 373 kontainer. 

Sementara pada 4 November 2020 lalu, terang Ghazali, perseroan berhasil mengapalkan 460 kontainer atau mengalami peningkatan sebesar 180 persen lebih jika diperhitungkan dari posisi pada Desember 2019 yang pada saat ini mencatatkan pengapalan sebanyak 253 kontainer.

"Dengan kata lain, semenjak 18 September 2020 lalu, postur penjualan masih terus bertumbuh seiring dengan tetap tingginya kepercayaan dari kreditur, investor dan supplier," imbuhnya. 

Ghazali mewakili perseroan juga mengucapkan terimakasih terhadap komitmen para kreditur, investor dan supplier yang senantiasa mendukung aksi perseroan sehingga mampu bertahan melewati pandemi Covid-19 sampai dengan posisi terkini 

"Maka, sudah seharusnya sebagai perusahaan publik, dalam ke depannya  perseroan bertekad untuk sekuat tenaga menjaga kepercayaan para investor ritel khususnya pemegang saham publik sebagai salah satu pilar utama shareholder utama perseroan," jelas Ghazali. 

Riil Penjualan dan Keuangan 

Secara ringkas postur keuangan yang dapat disampaikan saat ini adalah penjualan pada triwulan III 2020 telah mencapai Rp 49,9 miliar dengan laba mampu mencapai Rp 9,9 juta. 

"Tentu ini menjadi perhatian kita bersama bahwa kondisi terkini perseroan mampu mencatatkan peningkatan penjualan dan membukukan laba sesuai dengan perkiraan," terangnya. 

Coorporate Secretary PT Darmi Bersaudara c

Untuk jelasnya, tambah Ghazali, dapat dilustrasikan bahwa pada posisi triwulan II lalu Perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp 24,32 miliar dan membukukan rugi bersih Rp 628,8 juta.

Selanjutnya, sebagai bagian dari upaya menegakkan prinsip going concern dan sustainability, perseroan terus melakukan upaya-upaya terobosan untuk tetap bertahan di tengah situasi yang tidak menentu ini, dengan tujuan untuk dapat mengirim lebih banyak kontainer ekspor. Di antaranya, pada tahun 2021 mendatang, perseroan akan meluncurkan aksi korporasi Right Issue untuk memperkuat basis permodalan dengan harapan jaringan produksi dan pemasaran akan bertumbuh lebih besar lagi.

Aksi korporasi terdekat di dalam mendukung Right Issue, perseroan akan adakan Pubex pada 25 November 2020 ini dimana di dalamnya secara komprehensif dan jelas akan dipaparkan kepada khalayak tentang kinerja keuangan dan operasi terkini. Kendala yang dihadapi termasuk kondisi ketidakpastian yang masih mungkin terjadi, proyeksi aspek keuangan, dan lainnya yang harus disampaikan ke publik.

Pada Januari 2021, perseroan akan melaksanakan RUPS LB untuk memohon pengesahan shareholder atas aksi korporasi Right Issues agar dapat terlaksana pada tahun buku yang sama. 

Dalam pandangan perseroan, di tahun-tahun mendatang peluang usaha di sektor industri perkayuan ini yang menurut sementara kalangan telah memasuki masa sunset pada beberapa tahun terakhir, sebenarnya tidak terlalu benar adanya. 

"Perseroan memiliki optimisme yang cukup besar didalam menangkap peluang yang terus akan muncul, sebagaimana telah dibuktikan dalam kinerja perseroan di atas," tandas Coorporate Secretary PT Darmi Bersaudara Tbk (KAYU) Ghazali Hasan.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES