Peristiwa Internasional

Indonesia Goes to School, Mengenal Lebih Dekat Indonesia Lewat Bahasa dan Budaya

Selasa, 03 November 2020 - 13:00 | 126.75k
Konjen RI Sydney memberikan dihadapan siswasiswi Indonesia Goes to School FOTO: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)
Konjen RI Sydney memberikan dihadapan siswasiswi Indonesia Goes to School FOTO: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTABahasa Indonesia menjadi faktor penting mengenal Indonesia. Berkaitan dengan itu, memanfaatkan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, KJRI Sydney bekerja sama dengan KBRI Canberra menyelenggarakan kegiatan promosi bahasa dan budaya Indonesia di Australia

Ini karena bahasa merupakan pintu gerbang utama dalam memahami suatu bangsa. Melalui bahasa, seseorang dapat berkomunikasi dan mengenal lebih dekat karakter dan budaya masyarakat suatu bangsa, tidak terkecuali bangsa Indonesia. 

Promosi bahsa dan budaya Indonesia itu dilakukan melalui program Indonesia Goes to School pada 2 November 2020 di Scotts Head Public School, New South Wales (NSW).

para-murid-TK.jpgParade Kostum daerah di nusantara oleh para murid TK (FOTO: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Program kali ini terasa lebih istimewa karena dihadiri Wali Kota Nambucca Valley-NSW, Rhonda Hoban, dan Direktur Kepemimpinan Pendidikan Departemen Pendidikan New South Wales, Sue Brown, serta diselenggarakan di Scotts Head NSW, satu-satunya sekolah di Australia yang menerapkan sistem billingual (dua bahasa), Bahasa Inggris dan Indonesia.

Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Subolo, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Canberra, dan rombongan, mendapat sambutan yang meriah dari para murid sejak tiba di pintu gerbang sekolah yang bertuliskan 'Selamat Datang' dalam Bahasa Indonesia serta kibaran bendera merah putih di lapangan sekolah. 

latihan-memainkan-gamelan-Bali.jpgMurid kelas 5 dan 6 latihan memainkan gamelan Bali (FOTO: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Selain itu, para murid TK memperagakan parade kostum dari berbagai daerah Nusantara. Para murid juga melakukan pertunjukan nyanyian lagu Tanah Airku dan sejumlah lagu populer Indonesia yang menggugah semangat dan kerinduan terhadap Indonesia. Acara sambutan pembukaan ditutup dengan pertunjukan Tari Ratoh Duek dari Aceh oleh para murid kelas 6. 

Scotts Head Public School sendiri berdiri sejak 1950 dan telah menerapkan sistem billingual Bahasa Indonesia sejak 2009. 

Tari-Ratoh-Duek-murid-murid.jpgPertunjukan Tari Ratoh Duek murid-murid kelas 6 dipandu oleh Bapak Murtala (FOTO: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Dalam sambutan pembukaannya, Konjen Heru Subolo menyampaikan rasa bangganya atas kerja keras para guru dan murid dalam menjalankan program billingual Bahasa Indonesia. Konjen Heru Subolo juga menggarisbawahi pentingnya memiliki kemampuan berbahasa Indonesia mengingat semakin terbukanya peluang, baik dalam bidang perdagangan, investasi, dan hubungan budaya Indonesia dan Australia. 

Hal ini merupakan dampak positif dari semakin kuatnya hubungan bilateral Indonesia dan Australia, terutama setelah adanya kesepakatan Indonesia Australia Comprehensive Strategic Partnership pada tahun 2018 dan Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement yang telah berlaku sejak Juli 2020.

Nambucca-Valley-Rhonda-Hoban.jpgPenyerahan cenderamata untuk Walikota Nambucca Valley, Rhonda Hoban (FOTO: KJRI Sydney for TIMES Indonesia)

Program Indonesia Goes to School diikuti 115 murid dengan antusias. Para murid berkesempatan untuk mengenal keindahan alam Indonesia melalui pemutaran film dokumenter 'Taman Laut di Ujung Timur' yang mengenalkan pesona wisata kepulauan Raja Ampat. Para murid juga mencoba secara langsung bagaimana memainkan alat musik tradisional Indonesia, yakni angklung dan gamelan Bali. 

Tidak hanya itu, para murid juga sangat menikmati menu 'Mie Goreng' yang disajikan dalam demo masak dan bahannya sudah ada di berbagai supermarket di Australia. KJRI Sydney juga melakukan wawancara Podcast dengan salah seorang murid dan Bapak Murtala, guru sekolah yang menjadi salah satu sosok di balik keberhasilan promosi Bahasa Indonesia di Scotts Head Public School.

Penyelenggaraan Indonesia Goes to School kali ini berkoordinasi erat dengan pihak New South Wales Education dan menerapkan protokol kesehatan di sekolah sesuai dengan anjuran dan ketentuan yang berlaku. Sebagai informasi, Program Indonesia Goes to School merupakan program andalan KJRI Sydney yang telah diselenggarakan di Australia sejak 2017. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Sofyan Saqi Futaki

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES