Peristiwa Nasional

Pimpin Upacara Hari Oeang ke-74, Inilah Pesan Menkeu RI

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 14:00 | 45.38k
Menkeu Sri Mulyani saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke 74 pada Sabtu (31/10) di Jakarta. (Foto: Dokumentasi Kemenkeu)
Menkeu Sri Mulyani saat menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Oeang Republik Indonesia ke 74 pada Sabtu (31/10) di Jakarta. (Foto: Dokumentasi Kemenkeu)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Keuangan RI (Kemenkeu RI) menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Oeang RI (HORI) ke-74 di lingkungan Kantor Pusat Kemenkeu dengan inspektur upacara Menteri Keuangan RI (Menkeu RI) Sri Mulyani Indrawati pada Sabtu, (31/10/2020).

Peringatan HORI tahun ini sangat berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya karena masih diliputi suasana keprihatinan akibat ancaman pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu, perayaan HORI kali ini dilakukan dengan sederhana meskipun tidak mengurangi esensi untuk terus memperingati HORI ke- 74 ini yang bertemakan peduli, responsif, adaptif atasi pandemi, bangkitkan ekonomi.

"Tema tersebut sangat sesuai dengan suasana yang kita hadapi dan tantangan yang harus kita semua selesaikan. Tema HORI ke-74 ini juga merupakan peringatan bagi seluruh jajaran Kementerian Keuangan, institusi yang memiliki peran begitu sangat sentral bagi perekonomian Indonesia," ucap Menkeu dalam amanat inspektur upacara.

Menkeu juga berharap tema Hari Oeang ke-74, dapat memfokuskan jajaran Kementerian keuangan untuk semakin peduli dengan sekitar dan sesamanya. Insan Kementerian Keuangan harus mampu membantu mereka yang kurang beruntung.

Kepentingan tersebut juga termasuk di dalam kepedulian untuk selalu mengingatkan protokol kesehatan bagi diri kita sendiri bagi keluarga dan bagi kita semuanya Jajaran Kementerian Keuangan harus mampu mengambil langkah antisipatif dan responsif dalam situasi yang sangat tidak biasa atau extraordinary.

"Saya berterimakasih Kementerian Keuangan merupakan institusi yang aktif untuk memformulasikan kebijakan untuk penanganan Covid-19 dan dampak terhadap keuangan negara yang sekarang menjadi fondasi paling penting di dalam kita untuk bisa terus memformulasikan langkah-langkah dalam mendorong masyarakat kita dan membantu mereka serta mendukung dunia usaha agar kembali pulih," ucap Menkeu.

Untuk mengawal pemulihan ekonomi dan melanjutkan reformasi struktural, Menkeu juga menginginkan seluruh jajaran Kementerian Keuangan melakukan tugas dan fungsinya secara aktif, baik itu di dalam pekerjaan maupun didalam melakukan kegiatan dan interaksi sosial.

Itu karena suara kementerian keuangan suara yang memberikan solusi, suara untuk bisa menjernihkan suasana, suara yang dibutuhkan pada saat kita menghadapi dan berjuang terhadap Covid-19 yang mengancam seluruh sendi kehidupan.

Ia berharap Kementerian Keuangan yang memiliki tugas begitu banyak di dalam menyederhanakan reformasi regulasi dan birokrasi, harus terus-menerus memfokuskan kemampuan mentransformasikan institusi Kementerian Keuangan.

Menurutnya, Kemenkeu RI Kita bisa melakukan reformasi baik dari sisi tata kerja maupun di dalam cara mendesain kebijakan dan dalam implementasinya, baik itu menyangkut pendapatan negara yang harus terus dijaga meskipun dalam suasana yang luar biasa sulit.

"Maupun dari sisi belanja negara dengan membelanjakan secara lebih baik, membelanjakan secara efektif juga transfer keuangan ke daerah dan dana desa serta pembiayaan yang harus kita jaga," tandas Menkeu RI, Sri Mulyani di peringatan Hari Oeang ke-74. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Ahmad Rizki Mubarok

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES