Peristiwa Nasional

Jakarta Terpilih sebagai Kota Terbaik di Dunia, Anies Baswedan Ucap Syukur

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 12:07 | 196.02k
Bundaran HI, Jakarta Pusat. (FOTO: DKI Jakarta)
Bundaran HI, Jakarta Pusat. (FOTO: DKI Jakarta)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – DKI Jakarta terpilih sebagai Kota terbaik di dunia dalam Sustainable Transport Award 2021. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun bersyukur atas prestasi yang membanggakan tersebut.

"Alhamdulillah, Alhamdulillah," tulis Gubernur Anies Baswedan di Instagram resminya, Sabtu (31/10/2020).

Ia menjelaskan, penghargaan yang diberikan atas kemajuan di sistem transportasi publik dan mobilitas sebuah kota. "Kemenangan Jakarta semalam diumumkan pada acara Mobilize Virtual Summit 2020," tambahnya.

Kata mantan Mendikbud RI itu, ini kemenangan Jakarta yang kedua, tahun lalu juga menjadi juara dua. Jakarta terus berinovasi dan berhasil mengalahkan puluhan kota besar dunia, seperti Auckland, Bogota, Buenos Aires, Charlotte, Frankfurt, Moscow, San Francisco dan Sao Paulo.

Sustainable Transport Award (STA) adalah ajang penghargaan tahunan yang menilai perbaikan mobilitas kota dan inovasi sistem transportasi.

Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dinilai oleh komite juri yang terdiri dari lembaga-lembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dll.

"Dalam setahun terakhir jajaran Pemprov DKI, BUMD dan para pemangku kepentingan transportasi Jakarta dinilai berhasil menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan mutu transportasi di Jakarta," jelasnya.

"Seperti perluasan jalur dan penambahan fasilitas sepeda, revitalisasi halte dan trotoar, penataan fasilitas pejalan kaki di kampung-kampung, dan integrasi berbagai moda transportasi publik," tambahnya.

STA 2021 ini, lanjut Anies, adalah kemenangan warga Jakarta, tak lepas dari kolaborasi dengan warga, pegiat transportasi untuk desain wayfinding, inovasi bus listrik, dan mikrotrans AC.

Peningkatan pesat jumlah pengguna transportasi publik Jakarta bahkan sempat mencapai rekor baru 1 juta pelanggan harian TransJakarta pada Februari lalu sebelum pandemi.

"Pandemi tahun ini memang memaksa kita beradaptasi, dengan pembatasan kapasitas transportasi publik dan protokol kesehatan ketat. Tapi positifnya pada saat pandemi ini, pesepeda di kota Jakarta justru meningkat pesat," katanya.

"Pada warga DKI Jakarta, penghargaan ini dipersembahkan. Kita bersyukur dan bersyukur, atas pengakuan dunia ini, selamat untuk warga Jakarta," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal Kota terbaik di dunia dalam Sustainable Tranport Award 2021. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES