Gaya Hidup

Tak Harus Gunakan Alarm, Ini Cara Mudah Bangun Pagi

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 05:20 | 69.08k
ILUSTRASI - Bangun Pagi. (FOTO: simplyhealthysleep.com)
ILUSTRASI - Bangun Pagi. (FOTO: simplyhealthysleep.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bagi sebagian orang, bangun pagi adalah hal yang sulit dilakukan. Agar bisa bangun pagi, tak jarang orang selalu memanfaatkan bunyi alarm. Alarm memang benda yang paling ampuh untuk membangunkan diri dari tidur yang nyenyak. Bahkan pada beberapa kasus, bunyi jam alarm kerap diredam agar mata bisa kembali terpejam.

Jika Anda salah satu orang yang melakukan hal itu, sebaiknya hentikan. Seperti dilansir dari Klik Dokter, mematikan jam alarm untuk melanjutkan tidur dapat membuat ‘hormon bangun’ dan ‘hormon tidur’ bertabrakan. Akibatnya tubuh akan menjadi bingung, dan membuat Anda tidak siap untuk menyongsong hari.

Parahnya, tidak konsisten terhadap jam tidur juga akan membuat tubuh Anda tidak tahu kapan harus bangun. Jadi saat alarm berbunyi, bukan tidak mungkin Anda akan merasa bingung atau bahkan emosi. Lalu bagaimana agar Anda tidak selalu mengandalkan jam alarm?

Cara termudah untuk tidak bergantung pada jam alarm adalah dengan mempertahankan ritme sirkadian sebagaimana mestinya. Cara ini bertujuan untuk menciptakan pola tidur dan bangun yang dapat diprediksi.

Selain itu, pastikan Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein atau beralkohol maupun merokok. Jangan lupa untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah tidur, dan penggunaan jam alarm untuk bangun pagi tidak lagi dibutuhkan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES