Peristiwa Daerah

Portina Jateng Siap Populerkan Kembali Olah Raga Tradisional

Jumat, 30 Oktober 2020 - 21:27 | 41.34k
Rapat kerja Portina Jateng, di Agro Karang Penginyongan, Cipendok Banyumas.(FOTO: Muji Prasetyo For TIMES Indonesia)
Rapat kerja Portina Jateng, di Agro Karang Penginyongan, Cipendok Banyumas.(FOTO: Muji Prasetyo For TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUMAS – Persatuan Olah Raga Tradisional Indonesia (Portina) Provinsi Jawa Tengah siap memopulerkan kembali olah raga tradisional yang kini hampir punah.

Demikian antara lain yang disepakati dalam rapat kerja Portina Jateng, di Agro Karang Penginyongan, Cipendok Banyumas, Jumat sore (30/10/2020).

Portina Jateng 2

H. Djuwari SP, mewakili pengurus Portina Jateng   mengatakan, olah raga tersebut berbasis permainan tradisi masyarakat yang sangat dikenal hingga akhir tahun 90-an, seperti : gobag sodor, egrang, gebug bantal, patok lele, benteng, dagongan, sumpitan, gasingan, sunda manda. dan lainnya.

"Portina Jateng pada prinsipnya nguri-uri kembali olah raga permainan rakyat di antaranya itu tadi. Sejak era TV swasta nampaknya permainan tadi sudah sangat jarang dimainkan," jelasnya.

H Djuwari menambahkan, tugas Portina adalah menggali dan melestarikan olah raga tradisional Indonesia, dan Portina merupakan  anggota dari FORMI.

"Setidaknya ada lima pilar yang jadi fokus kinerja Portina, diantaranya olah raga tradisional, budaya, dirgantara, permainan, perairan dan beladiri," imbuhnya.

Dalam rapat kerja yang digelar di Pendapa Prabawulan selama 2 hari sejak Kamis (29/10), diikuti perwakilan kabupaten/ kota se-Jawa Tengah,  dan dihadiri Direktur Agro Karang Penginyongan, Liem Kuswintoro.

Liem Kuswintoro menyatakan siap mendukung organisasi ini dengan menyediakan kompleks Agro Karang Penginyongan sebagai ajang aneka perlombaan.

"Tentunya kami dukung, karena olah raga dan permainan yang dibina Portina Provinsi Jawa Tengah, sejatinya akarnya  dari rakyat. Jika rakyat sehat, bugar dan gembira, niscaya akan meningkatkan imunitas sehingga bisa melawan virus corona. ekonomi bangkit lagi. Tempat ini saya harapkan jadi sentra ajang lomba-lomba tersebut," ujar pengusaha senior ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Imadudin Muhammad
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES