Pendidikan

Peringati Maulid Nabi Secara Luring dan Daring, SMA Pradita Dirgantara Bahas Ini

Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:55 | 60.23k
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Pradita Dirgantara (29/10/2020).
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di SMA Pradita Dirgantara (29/10/2020).

TIMESINDONESIA, BOYOLALISMA Pradita Dirgantara mengadakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW (29/10/2020). Kali ini dengan tema “Menjadikan Figur Rasulullah SAW sebagai Teladan dalam Menjalani Kehidupan di Masa Pandemi”.

Kegiatan tersebut dilakukan secara luring dan daring. Diikuti oleh siswa siswi SMA Pradita Dirgantara dan segenap Guru serta karyawan.

Ketua panitia dalam kegiatan ini, Hervira, siswa kelas XI SMA Pradita Dirgantara memberikan sambutan meriah melalui zoom meeting. 

Kepala SMA Pradita Dirgantara Dr Yulianto Hadi MM dalam sambutannya menyampaikan tentang keteladanan Rasulullah yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang diikuti siswa kelas XII secara offline di masjid Al-Hadi SMA Pradita Dirgantara, serta siswa kelas X dan XI secara online melalui zoom meeting dari rumah masing-masing ini diawali dengan pembacaan doa dari Duta Muslim SMA Pradita Dirgantara, siswa atas nama Judha kelas X. Dilanjutkan dengan tilawah Al Quran oleh Syahrian siswa kelas XI dan Leyga siswi kelas X, pemenang Lomba Tilawah saat Festival Muharram tahun lalu.

SMA-Pradita-Dirgantara-2.jpg

Story telling juga disampaikan oleh panitia yang bertujuan untuk menggugah semangat siswa untuk meneladani sifat-sifat penyabar Rasulullah dalam berdakwah. 

Acara inti dalam kegiatan ini, diisi oleh Ustad Abdulkarim Zulfa Ahmadi, MPd, guru Agama Islam SMA Pradita Dirgantara. Abdulkarim menyampaikan tentang bagaimana cara meneladani Rasulullah di masa pandemi. Saat Umar bin Khattab menjadi khalifah ke 2, pernah melakukan perjalanan menuju Syams kemudian mendapatkan kabar bahwa di sana terdapat wabah penyakit. 

Sehingga memperoleh informasi hadits dari Abdurrahman bin Auf, bahwa Rasulullah pernah bersabda; "Jika kalian mendengar suatu negeri terjangkit wabah, maka janganlah kalian menuju ke sana, namun jika dia menjangkiti suatu negeri dan kalian berada di dalamnya, maka janganlah kalian keluar dan lari darinya," ucapnya seraya menyitir Hadits Shahih Bukhari :5288/7008. 

"Di masa pandemi ini, kita perlu meneladani salah satu dari hadits Rasulullah agar tidak masuk ke zona yang diketahui telah terjangkit virus Corona, bila kita berada di zona itu, kita harus bersabar bahwa itu adalah cobaan dari Allah SWT dan berdoa agar Allah mengampuni dosa dosa yang telah kita perbuat dan berharap mendapatkan ridho dari Allah SWT," tuturnya.

Selain itu, kita juga perlu meningkatkan ibadah kita, baik ibadah mahdhoh maupun  muamalah dalam kehidupan sehari-hari kita.

Rangkaian acara peringatan ini dilanjutkan dengan quiz untuk seluruh peserta tabligh akbar melalui media quizizz, dengan hadiah juara 1 sepatu gunung, juara 2 sleepingbag hammock (sleepmock), juara 3 (hammock). 

Pepatah mengatakan bahwa ilmu tanpa agama adalah buta, agama tanpa ilmu adalah lumpuh, dalam artian ilmu pengetahuan dan agama harus berimbang agar terjadi keselarasan dalam menjalani kehidupan. 

Peringatan Maulid Nabi adalah bentuk pembelajaran di SMA Pradita Dirgantara untuk membiasakan para siswanya berfokus tidak hanya pada aspek intelektual, sosial dan cerdas dalam aspek psikologi, namun siswa juga harus memiliki religiousity sebagai pondasi global mindset dan global leadership, sehingga siswa-siswi SMA Pradita Dirgantara dapat diakui dunia internasional, sesuai dengan visi misi SMA Pradita Dirgantara untuk terbang mendunia. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Sudarmadji
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES