Adv

Sejak 2019, Dua Masjid di Bontang Dijadikan Piloting Program Masjid Ramah Anak

Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:18 | 153.76k
Suasana Ruang Masjid Ramah anak  di Masjid Asyuhada Berbas Pantai (Foto:dok Masjid Asyuhada)
Suasana Ruang Masjid Ramah anak di Masjid Asyuhada Berbas Pantai (Foto:dok Masjid Asyuhada)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Dua masjid program Masjid Ramah Anak (MRA) di Kota Bontang telah ditunjuk menjadi masjid piloting (percontohan) guna menyukseskan program tersebut.

Masjid tersebut adalah Masjid Al Hijrah kelurahan Tanjung Laut dan Masjid As Syuhada Kelurahan Berbas Pantai , semuanya berada di Kecamatan Bontang Selatan.

Penunjukan berlangsung pada medio 2019, hal itu berlangsung sejak awal program MRA di siapkan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang bekerja sama dengan Kementrian Agama Kota Bontang, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bontang dan PT Kaltim Nitrate Indonesia.(KNI).

Ketersediaan tenaga yang terlatih Konvensi Hak Anak (KHA) sebagai salah satu syarat sebuah masjid berperspektif ramah anak dimiliki oleh 21 masjid yang telah ditetapkan oleh Dewan Masjid Kota Bontang termasuk didalamnya Masjid Al Hijrah dan Asyuhada, dan ada juga masjid binaan perusahaan seperti Masjid Baiturrahman dan Masjid Al Kautsar.

Dalam menunjang jalannya program ke depan, di tahun ini rencananya akan ada 2 percontohan masjid yang siap dipiloting, hal ini untuk terus menambah pusat kreativitas anak di rumah ibadah, dalam hal ini agar masjid sebagai lingkungan alternatif yang berkontribusi bagi tumbuh kembang anak yang baik.

"Salah satu tahapannya adalah sosialisasi program dan komitmen hingga pemaparan kondisi real yang ada, kami minta kesediaannya kepada Tamir masjid masing masing, kemudian tahapan selanjutnya adalah kami survei kesiapannya bersama Tim Mahira (Rumah Ibadah Ramah Anak) dan PT KNI, " ujar Kepala DPPKB Bontang, Bahtiar Mabe melalui Kasi Pemenuhan Hak Anak, Trully Tisna.Jumat, (30/10/2020).

Meski kini sempat terkendala akibat Pandemi Covid-19, Trully berharap program ini dapat berjalan lagi kembali walau berada ditengah pandemi.

"Insya Allah kita tinggal jalankan sebaik-baiknya, karena perencanaan untuk program untuk tahun ini adalah menambah 2 masjid yang akan didampingi lebih lanjut sebagai lokasi percontohan Masjid Ramah Anak selanjutnya," ungkap Trully. (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES