Politik Pilkada Serentak 2020

Besok, KPU Sulteng Gelar Debat Kandidat Pilgub Sulteng

Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:12 | 68.00k
Komisioner KPU Sulteng saat menggelar siaran pers terkait pelaksanaan debat kandidiat gubernur yang akan dilaksanakan besok. (Foto: Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)
Komisioner KPU Sulteng saat menggelar siaran pers terkait pelaksanaan debat kandidiat gubernur yang akan dilaksanakan besok. (Foto: Sarifah Latowa/TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada Serentak 2020

TIMESINDONESIA, PALU – Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Tengah (KPU Sulteng) akan menggelar Debat Calon Pemilihan Gubernur atau Pilgub Sulteng periode 2021-2025 pada Sabtu, 31 Oktober 2020 esok. Debat kali ini akan membahas kebijakan daerah dan penangangan Covid-19.

KPU akan melibatkan tujuh tim pakar dari Universitas Tadulako dan IAIN Palu. Tujuh pakar tersebut antara lain, Zainal Abidin (STAIN)- ketua tim, Akbar Zain (Untad), Eko Joko Lelono (Untad), Rostiati Dg Rahmatu (Untad), Amar MT (Untad), Slamet Riyadi Cante (untad) dan Surahman (Untad).

Sementara yang menjadi moderatornya adalah presenter I-News Anisha Dasuki. Ia pernah menjadi moderator debat capres.

Ketua KPU Sulteng, Tanwir Lamaming mengatakan, debat kandidat gubernur besok akan menerapkan protokol kesehatan ketat yang hanya menghadirkan dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yaitu, Hidayat Lamakarate-Bartholomeus dan Rusdi Mastura-Ma’mun Amir.

Selain itu, juga dua komisioner Bawaslu, lima komisioner KPU, tujuh orang tim pakar dan masing-masing paslon didampingi empat orang tim kampanye.

Paslon diminta tidak membawa serta pendukung pada saat debat berlangsung. Karena tidak akan diperbolehkan masuk ke dalam ruangan. Hal itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan di masa pandemi Covid-19.

"KPU membatasi peserta debat karena masih dalam suasana pandemi Covid-19. Saya berharap ini menjadi perhatian kedua paslon agar tidak memobilisasi masa ke tempat debat demi mencegah kita semua dari penularan Covid-19," kata Tanwir di Media Center KPU Sulteng Jumat, (30/10/2020).

Komisioner KPU Sulteng, Sahran Raden menambahkan, secara teknis debat akan dibagi enam sesi, sesi pertama berisi tentang penyampaian visi misi. Kemudian sesi kedua dan ketiga berisi pendalaman visi misi yang disampaikan oleh para tim pakar.

Sesi keempat debat antara calon gubernur dan wakil gubernur dan sesi kelima debat antarwakil gubernur serta sesi ketujuh debat secara bersama-sama.

Bagi masyarakat Sulawesi Tengah tetap dapat menyaksikan debat Pilgub Sulteng meskipun berada di rumah, karena KPU akan menyiarkan siaran langsung melalui TV swasta nasional I-News dan streaming melalui akun resmi Facebook milik KPU Sulteng. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES