Peristiwa Daerah 3M Lawan Covid

Akhir Pekan, Polresta Banyuwangi Gelar Sosialisasi 3M dan Pengamanan Wisata

Jumat, 30 Oktober 2020 - 19:06 | 37.68k
Kegiatan pengamanan wisata sekaligus sosialisasi 3M oleh Polresta Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)
Kegiatan pengamanan wisata sekaligus sosialisasi 3M oleh Polresta Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Sebanyak 350 personel polisi dikerahkan dalam pengamanan destinasi wisata selama long weekend kali ini. Tak hanya melakukan pengamanan, aparat dari Polresta Banyuwangi ini juga menggelar sosialisasi 3M dan pemantauan protokol kesehatan.

Kegiatan ini dilakukan bersama multi stakeholder. Seperti TNI dan BPBD, petugas polisi berjaga di beberapa lokasi yang dinilai rawan. Rawan ini bisa karena alam ataupun tindak kejahatan. 

pengamanan-wisata-2.jpg

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengatakan, sebagian besar pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

"Ada 350 personel yang kami kerahkan pada libur long weekend ini. Tentu mengantisipasi hal alam maupun tindak kejahatan," katanya, Jumat (30/10/2020). 

Pihaknya juga mengoptimalkan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud), karena destinasi wisata di Banyuwangi kebanyakan adalah wisata pantai. Sementara untuk wilayah pegunungan, pihaknya juga mengoptimalkan petugas Shabara yang dibantu oleh BPBD dan SAR.

"Ada juga pengamanan untuk obyek vital nasional. Selain itu di Pelabuhan ASDP Ketapang kita juga fokuskan pengamanan jalur mudik dan balik liburan panjang kali ini," tambahnya. 

Pengamanan destinasi wisata ini, telah dilakukan sejak hari Kamis kemarin (28/10/2020) hingga Senin mendatang (2/11/2020).

pengamanan-wisata-3.jpg

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat diimbau untuk tertib protokol kesehatan. Yakni dengan menerapkan 3M. Baik itu mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan.

Tidak hanya itu, penyemprotan disinfektan terhadap sudut-sudut tempat juga dilakukan. Tujuannya, gara virus dan bakteri bisa mati. Sehingga, fasilitas umum dapat dengan aman digunakan oleh wisatawan.

Diketahui, setiap akhir pekan beberapa destinasi wisata di Banyuwangi banyak dikunjungi wisatawan. Meski tak seramai sebelum pandemi Covid-19, namun wisatawan terlihat padat. Protokol kesehatan pun juga diawasi ketat oleh pengelola wisata.

Bersama dengan aparat keamanan, pengelola wisata tak henti-hentinya memberikan imbauan kepada wisatawan yang kedapatan tak memakai masker.

"Pada dasarnya kita memberikan imbauan kepada masyarakat agar tertib protokol kesehatan. Kita berikan sosialisasi 3M secara persuasif. Diharapkan, kesadaran masyarakat akan terus terjaga," kata Kepala Kepolisian Polresta Banyuwangi tersebut. (*)

Pesan Redaksi:

Mari bersama melawan Covid-19. TIMES Indonesia mengajak seluruh pembaca ikut mengampanyekan gerakan 3M Lawan Covid, dengan selalu menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas apapun sehari-hari. Ingat pesan Ibu, pakai masker, selalu cuci tangan dan selalu jaga jarak serta hindari kerumunan.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES