Ekonomi

Wapres RI Dorong Muslimat NU Lebih Meningkatkan Diri dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat

Kamis, 29 Oktober 2020 - 22:43 | 37.61k
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (Foto: Setwapres).
Wapres RI KH Ma'ruf Amin. (Foto: Setwapres).

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres RI) KH Ma'ruf Amin meminta Muslimat NU meningkatkan perannya dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan cara mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di kalangan anggotanya.

"Saya mengharapkan Muslimat NU dapat memanfaatkan seluruh perangkat dan kemudahan yang disediakan Pemerintah untuk mengembangkan dan memajukan UMKM," ujar KH Ma'ruf Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Muslimat NU secara virtual dari Jakarta, Kamis (29/10/2020).

KH Ma'ruf Amin mengatakan potensi jumlah anggota Muslimat NU yang besar dan menyebar di berbagai wilayah, dapat dimanfaatkan untuk membangun UMKM dan memberdayakan kehidupan umat.

"Saya menilai, dengan kekuatan struktur dan jaringan anggota yang menyebar di seluruh Indonesia, kehadiran Muslimat NU sangat strategis sebagai mitra pemerintah dalam membangun dan memberdayakan umat," tutur dia.

Wapres RI juga mengapresiasi upaya Muslimat NU yang hingga saat ini telah mengembangkan 144 koperasi primer dan sembilan pusat koperasi, sebagai wujud komitmen dalam mengembangkan dan memajukan usaha para anggotanya.

Selain dukungan untuk pengembangan UMKM, Pemerintah juga memfasilitasi pembentukan Bank Wakaf Mikro (BWM) dan koperasi syariah guna mempermudah pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan perekonomian-nya.

KH Ma'ruf Amin mengatakan Pemerintah akan memperbanyak pendirian BWM di pesantren-pesantren serta dukungan lebih besar untuk pengembangan koperasi syariah.

BWM melayani kalangan pelaku usaha kecil yang memerlukan modal di bawah Rp 3 juta; Sementara untuk penyediaan modal di atas Rp 3 juta akan dilayani oleh Baitul Maal wa Tamwil (BMT), Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) dan koperasi syariah.

"Pemerintah juga akan melakukan intervensi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) yang ada dalam Kementerian Koperasi UKM, dan melalui KUR Syariah yang ada di bank-bank syariah, baik untuk usaha mikro, kecil, ataupun menengah," tandas Wapres RI KH Ma'ruf Amin di Rakernas Muslimat NU. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES