Peristiwa Daerah

Boleh Liburan ke Luar Kota, Wali Kota Madiun Wajibkan ASN Rapid Test

Kamis, 29 Oktober 2020 - 21:00 | 49.33k
Wali Kota Madiun H. Maidi saat diwawancarai di Pondok Keluarga Sentani. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)
Wali Kota Madiun H. Maidi saat diwawancarai di Pondok Keluarga Sentani. (Foto: Aditya Candra/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MADIUN – Libur panjang selama 5 hari, aparatur sipil negara (ASN) Kota Madiun wajib izin terlebih dahulu kepada Wali Kota Madiun jika ingin liburan ke luar kota dan melakukan rapid test setelah pulang.

"ASN yang ingin keluar kota silakan saja, tapi kembali harus bawa keterangan rapid test," ujar Wali Kota Madiun H. Maidi saat diwawancarai awak media di Pondok Keluarga Sentani, Kota Madiun, Kamis (29/10/2020).

Keharusan menjalani rapid test guna mengantisipasi ASN Kota Madiun terpapar Covid-19 saat berpergian ke luar kota. Sehingga perlu dicek kesehatannya sebelum kembali bekerja.

"Nanti yang masuk harus dipastikan sehat dulu. Nanti saya sendiri yang akan cek bagaimana keterangan hasil rapid testnya. Jika reaktif akan saya isolasikan atau isolasi mandiri," jelas Maidi.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan cuti bersama pada hari Rabu 28 Oktober dan Jumat 30 Oktober 2020, sedangkan pada hari Kamis 29 Oktober 2020 merupakan hari libur nasional memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Jadwal cuti bersama tersebut berdekatan dengan libur akhir pekan Sabtu-Minggu. Sehingga total, para abdi negara punya kesempatan libur selama lima hari.

"Saya ingatkan kembali, Covid-19 masih ada, tidak hanya di Kota Madiun saja. Maka dari itu jika tidak ada urusan yang benar-benar mendesak tidak usah keluar kota," terang Maidi.

Untuk mengamankan libur panjang di Kota Madiun, Pemkot Madiun menyiagakan lima pos pantau. Empat pos pantau  ditempatkan di perbatasan dan satu pos di Pahlawan Street Center. Di setiap pos disiagakan 14 petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD, PMI, Dishub, Satpol PP serta unsur Pramuka.

"Kota Madiun itu dikelilingi  8 Kabupaten dengan penduduk kurang lebih 7 juta orang. Jika beberapa persennya saja liburan di Kota Madiun, sudah berapa ribu orang saja yang masuk," kata Wali Kota Madiun H. Maidi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES