Adv

4 Tanda Wanita Sudah Siap Hamil Setelah Menikah

Kamis, 29 Oktober 2020 - 19:46 | 46.00k
Ilustrasi pasangan setelah menikah. (Pexels)
Ilustrasi pasangan setelah menikah. (Pexels)

TIMESINDONESIA, BONTANG – Setiap pasangan yang sudah menikah pasti menginginkan segera memiliki anak. Nah, jika anda ingin segera melakukan program hamil, kenali dulu beberapa tanda siap hamil setelah menikah. 

Data yang dihimpun TIMES Indonesia, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bontang yang terpusat pada Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), ada empat tanda yang dimaksud.

Pertama adalah Siap Usia

Usia ideal menikah untuk wanita minimal 21 tahun. Batas usia ini bukan tanpa sebab, di usia 21 tahun pertumbuhan tubuh wanita sudah selesai. Organ reproduksi juga sudah matang dan pinggul sudah cukup lebar untuk menjadi jalan lahir bayi. Sehingga ketika hamil dan melahirkan di usia mendekati 22 tahun, calon ibu tidak memiliki risiko persalinan yang besar.

Kedua adalah Siap Biaya

Biasanya pernikahan membutuhkan banyak biaya. Apalagi jika kamu menggelar resepsi pernikahan yang mewah dan meriah. Tak banyak yang memperhitungkan ada biaya yang harus segara disiapkan setelah menikah. Salah satunya biaya untuk menunjang kehamilan. Pastikan kamu memiliki cukup tabungan untuk menyambut kehadiran Si Buah Hati. Karena kebutuhan ibu hamil meningkat untuk pemeriksaan kesehatan, asupan gizi, dan persalinan.

Ketiga adalah Siap Fisik

Siapkan fisik calon ibu dengan mengkonsumsi asam folat sebelum menikah. Asam folat direkomendasikan dokter untuk dikonsumsi oleh pasangan yang sedang berencana untuk memulai program hamil. Jika kamu tidak menunda kehamilan setelah menikah, maka konsumsi asam folat ini sudah harus dimulai minimal dua bulan sebelum menikah.

Keempat adalah Siap Mental

Kesehatan mental sering diabaikan karena tidak bisa dilihat wujudnya. Namun, harus dianalisis dari tingkah laku istri. Seorang wanita yang siap hamil memiliki kesabaran yang cukup untuk menghadapi persoalan dalam rumahtangga dan kehidupan seharai hari. Jika istri bekerja, dia bisa melepas stress pekerjaan ketika di rumah. Ibu yang tenang mampu mengendalikan diri dan kandungannya.

Nah kalau kamu dan pasangan lebih memilih langsung program hamil setelah menikah, atau mau menikmati waktu bersama pasangan dulu nih? Apapun pilihannya ingat yang penting terencana dan perhatikan tanda siap hamil di atas ya! (d)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Irfan Anshori
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES