Peristiwa Daerah

Warga Desa Nglarangan, Ponorogo Pertahanan Tradisi Kenduri Maulid Nabi

Kamis, 29 Oktober 2020 - 13:42 | 104.24k
Warga Desa Nglarangan mengikuti kenduri memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW  (Foto : Saudi / Times Indonesia )
Warga Desa Nglarangan mengikuti kenduri memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW (Foto : Saudi / Times Indonesia )

TIMESINDONESIA, PONOROGO – Warga Desa Nglarangan, Kecamatan Kauman, Ponorogo, Jawa Timur tetap pertahankan tradisi kenduri setiap memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tradisi turun-temurun yang rutin tiap tahun dilakukan itu, kali ini digelar di balai desa setempat.

Setiap keluarga membawa ambeng atau baki berisi nasi dengan aneka lauk dan sayur serta tidak ketinggalan ayam panggang.

Setiap tahun, ratusan ambeng dari tiap keluarga tersebut dikumpulkan di balai desa. Hidangan tersebut nanti didoakan oleh tokoh agama setempat sebelum kemudian dibagikan lagi untuk dimakan.

Kenduri Maulid di Ponorogo a

"Kenduri memperingati Maulid Nabi diikuti seluruh warga desa. Di masa pandemi ini tetap digelar dengan menerapkan protokol kesehatan," ujar Parwan Kepala Desa Nglarangan, Kamis (29/10/2020).

Kesempatan warga berkumpul dimanfaatkan oleh kepala desa untuk mengimbau warga menjaga kesehatan. Mengingat sudah 520 orang terpapar Covid-19. Sehingga warga perlu waspada dan berhati-hati.

"Wabah Corona sudah berlangsung 8 bulan. Warga saya imbau untuk ini terus berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan," pesan Parwan.

Sigit Setiawan anggota Karang Taruna menambahkan, tradisi memperingati Maulid Nabi dilakukan hampir di semua desa di Ponorogo tidak hanya di Desa Nglarangan.

"Peringatan Maulid Nabi menjadi momen untuk membangkitkan dan menjaga semangat Nabi dalam diri umat khususnya untuk warga masyarakat Desa Nglarangan," ungkap Sigit.

Melalui tradisi kenduri Maulid Nabi Muhammad SAW, lanjut Sigit, diharapkan masyarakat Desa Nglarangan, Kecamatan Kauman Ponroogo dapat mengambil teladan dari sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. Serta ajang untuk berdoa memohon keselamatan, ketentraman, kemakmuran, serta keamanan bagi seluruh masyarakat desa. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES